Nggak Mau Lagi Jadi Sad Girl/Boy? Hibur Diri Sendiri dengan 11 Hal Ini, Dijamin Bahagia di Segala Situasi

Nggak Mau Lagi Jadi Sad Girl/Boy? Hibur Diri Sendiri dengan 11 Hal Ini, Dijamin Bahagia di Segala Situasi

Potret orang kumpulan orang-orang yang sedang merasa bahagia.-@freepik-

INFORADAR.ID – Lakukan 11 hal berikut agar kamu bisa merasa tetap bahagia di segala situasi apapun dan tidak lagi menjadi seorang yang sad girl dan sad boy.

Jika suasana hati kamu sedang buruk, kamu mungkin saja sedang merasa bahwa kamu tidak akan pernah bisa keluar dari suasana hati yang buruk itu.

Faktanya, pikiran memiliki begitu banyak kekuatan atas suasana hati kita sehingga dapat memengaruhi perasaan secara fisik dan dengan begitu juga bisa mengendalikan suasana hati kita.

Otak memproses antara 50.000 hingga 60.000 pikiran setiap harinya. Gunakanlah pikiran-pikiran itu untuk mengubah persepsi diri kita dan fokuskan diri untuk menghibur diri saja.

1. Ciptakan Ruang yang Nyaman

Kelilingi diri kamu dengan benda-benda yang bisa membangkitkan semangat seperti menyimpan foto-foto favorit, kenang-kenangan, tanaman hias dan buku-buku.

Jangan lupa untuk memperbaiki pencahayaan dengan mengubah tata letak ruangan kamu. Beberapa orang yang menderita gangguan afektif musiman dapat mengalami gejala depresi jika mereka tidak mendapatkan cukup cahaya matahari.

Jika kamu berada di ruangan yang remang-remang atau gelap, bukalah jendela agar pencahayaan alam bisa masuk ke dalam ruangan kamu. Adapun kamu juga bisa menyalakan lampu atau lilin untuk mencerahkan suasana hati kamu.

Jika kamu merasa tidak enak badan di tempat kerja, bawalah sesuatu dari rumah untuk membantu diri kamu agar merasa lebih baik. Ini bisa berupa gambar atau aroma udara.

Membawa secangkir teh favorit kamu juga bisa menjadi pengingat akan rumah yang hangat dan nyaman.

BACA JUGA:Ketahui 5 Jenis Istirahat yang Paling Kamu Butuhkan Agar Hidup Makin Bahagia

2. Tambahkan Aroma Pewangi di Area Rumah

Meskipun rumah kamu tidak memiliki bau tidak sedap, taruhlah lilin aroma theraphu atau pewangi ruangan agar dapat meningkatkan semangat di dalam diri kita.

Dengan menyimpan lilin aromaterapi juga, di mana minyak esensial dihirup atau dioleskan secara eksternal untuk meningkatkan energi dan mengurangi stres.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak lemon khususnya dapat merevitalisasi dan meningkatkan suasana hati, di mana dengan ini bisa membuat otak kita untuk mengontrol emosi dan memori menjadi lebih tenang.

3. Bersihkan Ruangan

Luangkan waktu untuk membersihkan dan mengatur rumah atau ruangan kamu. Jika kondisi rumah atau tempat kerja kamu dalam kondisi berantakan, sehingga secara signifikan dapat meningkatkan stres dan merusak suasana hati.

Dengan merapikan ruangan, sehingga dapat mengurangi tingkat stres dan meningkatkan suasana hati kita. Sumbangkan, buang atau daur ulang barang-barang yang tidak lagi diperlukan.

Mengatur barang-barang dan membuatnya lebih fungsional dapat membantu kamu merasa lebih bersemangat menjalani hari-hari kamu di ruangan itu.

4. Buatlah Ruangan Agar Lebih Berwarna

Warna memiliki pengaruh yang besar terhadap suasana hati. Cobalah mengecat beberapa ruangan atau menambahkan dekorasi berwarna cerah untuk meningkatkan suasana hati kamu.

Kamu bisa menggunakan warna-warna yang bisa menyegarkan mata kamu yang tentu saja, tidak harus warna yang terang, melainkan juga bisa menggunakan warna kalem selagi itu bisa membuat kamu lebih fresh dan bahagia.

Cobalah beberapa keseimbangan yang berbeda dari nada warna yang ceria. Sebagai contoh, garis-garis kuning dan oranye yang bergantian dapat membuat ruangan lebih ceria dan nyaman.

BACA JUGA:Tips Bahagia untuk Mengawali Tahun Baru 2024 dengan Membangun Resolusi yang Tepat

5. Mengubah Kebiasaan yang Membuat Bosan

Jika kamu terjebak dalam rutinitas, cobalah melakukan sesuatu yang berbeda. Misalnya, jika kamu berada dalam rapat sepanjang hari dan tidak memiliki waktu luang, berilah diri kamu selfreward agar kamu bisa merasa lebih baik.  

Mengubah apa yang biasa kita lakukan dalam keseharian, sehingga dapat membuat perbedaan besar pada suasana hati kita nantinya.

Misalnya, jika kamu duduk di meja kerja atau di sofa sepanjang hari, kamu mungkin merasa tidak enak karena tubuh kamu membutuhkan olahraga. Bangunlah, berjalan-jalanlah dan nikmati perubahan suasana yang berbeda.

6. Hangout

Menghabiskan waktu di alam terbuka dapat mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati kita. Berjalan-jalanlah di taman atau kunjungi taman jika kamu berada di kota.

Dengan berada di luar ruangan, hal ini dapat sangat meningkatkan suasana hati kita dan dapat mengurangi kadar kortisol, yakni hormon yang dilepaskan dalam tubuh saat stres.

Tidak perlu menunggu hari atau cuaca yang sempurna untuk pergi ke luar. Berjalan-jalanlah di tengah hujan dengan membawa payung. Berada di luar ruangan akan memberi kamu lebih banyak energi.

7. Olahraga

Olahraga akan melepaskan neurotransmitter atau rasa senang dari otak. Berolahragalah, lakukan olahraga atau aktivitas favorit dan lakukan dengan aktif dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan hanya dengan lima menit latihan aerobik telah terbukti dapat mengurangi kecemasan, di mana aktivitas fisik melepaskan neurotransmiter dan membuat kamu merasa lebih berenergi.

Misalnya, jika kamu tengah berjalan-jalan, perpanjanglah waktu berjalan-jalan kamu dan nikmati suasana di luar atau undanglah beberapa teman dan mulailah bermain bersama.

BACA JUGA:3 Ciri Pekerjaan yang Paling Tidak Bahagia

8. Lakukan Sesuatu yang Bisa Membuat Tersenyum Bahagia

Dengan tersenyum, bisa membuat kita merasa lebih baik. Bahkan jika kita tidak ingin tertawa, ingatlah bahwa hanya dengan tersenyum saja sudah dapat menghibur diri kita.

Temukan aktivitas yang bisa membuat kita tersenyum, seperti menonton program TV atau film yang lucu atau bicaralah dengan teman yang selalu membuat kamu tertawa atau tersenyum.

Jika kamu tidak dapat menemukan waktu untuk menonton sesuatu atau berbicara dengan seseorang, berlatihlah untuk tersenyum ketika kita melakukannya.

9. Berhentilah memikirkan situasi Anda

Hindari terlalu banyak merenungkan situasi atau kondisi sulit yang tengah kita jalani, karena dapat mengganggu pikiran dan berpotensi mengalami depresi.

Jika kamu tidak bisa keluar dari pola pikir tertentu, cobalah mengalihkan perhatian kamu dengan aktivitas lain atau memikirkan lingkungan sekitar.

Misalnya, lihatlah ke sekeliling dan perhatikan jalanan atau bangunan dalam perjalanan kamu ke tempat kerja.

Cobalah untuk memfokuskan pikiran kamu pada hal-hal yang dapat kamu ubah atau pengaruhi. Hal ini akan mengingatkan kita bahwa kita memegang kendali atas situasi dan kebahagiaan diri kita.

10. Memperbaiki Suasana Hati

Pikirkanlah tentang kehidupan dari perspektif yang berbeda. Mereset ulang adalah istilah yang biasanya digunakan oleh para konselor untuk membuat kita melihat kondisi kita dengan cara yang baru atau dari sudut pandang yang berbeda.

Kamu bisa mencoba mencari hikmah dari situasi tersebut, mengingat apa yang telah kita pelajari atau menemukan humor dalam situasi yang tidak optimal.

Jika kamu hanya merasa canggung dan uring-uringan, ingatkan diri kamu bahwa tidak setiap hari adalah hari yang cerah dan besok akan lebih baik.

Misalnya, jika kamu merasa kesal karena putus cinta, kamu bisa mengingatkan diri sendiri bahwa meskipun akhir hubungan itu sulit, kamu bisa belajar banyak tentang diri kamu sendiri dalam prosesnya.

11. Bersyukur

Menghargai keadaan diri kita sendiri, sehingga dapat meningkatkan semangat kita. Bersyukur dapat berupa sikap, sudut pandang moral atau kebiasaan sehari-hari untuk menunjukkan rasa terima kasih.

Hal ini juga dapat berarti berterima kasih dan memberi harapan kepada diri kita kembali. Perhatikan hal-hal yang perlu disyukuri sepanjang hari.

Hal ini bisa berupa sesuatu yang kecil, seperti tempat parkir terdekat atau matahari terbit yang indah. Di penghujung hari, tuliskan tiga hal yang kita syukuri hari itu.

Bersyukur dapat membuat kita merasa bersyukur dan optimis. Penelitian juga menunjukkan bahwa rasa syukur dapat meningkatkan kebahagiaan dan memperbaiki hubungan interpersonal dan membuat orang merasa optimis tentang masa depan dan meningkatkan pandangan mereka.

Itu merupakan beberapa langkah yang bisa dilakukan agar kita bisa terus menerus merasa bahagia, sehingga kita tidak lagi menjadi seorang yang sad girl atau sad boy.(*)

BACA JUGA:Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dan Pikiran Agar Hidup Lebih Bahagia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: