3 Ciri Pekerjaan yang Paling Tidak Bahagia

3 Ciri Pekerjaan yang Paling Tidak Bahagia

ilustrasi seseorang yang tidak bahagia saat kerja--freepik @jcomp

INFORADAR.ID - Sebuah penelitian di Harvard telah menemukan jenis pekerjaan yang cenderung paling tidak bahagia, yaitu pekerjaan yang hanya melibatkan sedikit interaksi. Penelitian ini telah dilakukan selama 85 tahun, sejak tahun 1938, dan melibatkan 700 peserta dari seluruh dunia.

Perasaan tidak bahagia saat bekerja sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Kondisi ini bisa membuat kita merasa stres, tertekan, bahkan menghambat produktivitas di tempat kerja. Jika terus dibiarkan, itu juga berdampak negatif pada kesehatan mental.

Pekerjaan yang tidak bahagia atau menyenangkan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, contohnya kondisi kerja yang tidak nyaman, beban kerja yang terlalu tinggi, kurangnya pengakuan dan penghargaan, dan lain-lainnya.

Atasi ketidakbahagiaan ini dengan mengurangi beban kerja yang tidak perlu. menetapkan batasan antara pekerjaan dan waktu pribadi untuk mempertahankan keadaan emosi dengan baik. Lakukan apa pun yang Anda inginkan, baik itu liburan yang menyegarkan, memasak, atau berkebun.

Penjelasan lebih rinci tentang faktor-faktor ini adalah sebagai berikut:

1. Kondisi kerja yang tidak nyaman

Kondisi kerja yang tidak nyaman dapat mencakup lingkungan fisik yang tidak nyaman, Konflik antar pekerjaan, atau kurangnya dukungan dari atasan. Hal ini dapat mempengaruhi kesejahteraan dan kepuasan kerja seseorang.

BACA JUGA:Suka Stress dengan Pekerjaan Kamu? Lakukan Hal Ini Agar Kamu Bisa Lebih Enjoy

2. Beban kerja terlalu tinggi

Jika beban kerja terlalu tinggi, orang tersebut mungkin merasa kewalahan dan kesulitan membangun bisnis atau kehidupan pribadi. Hal ini dapat menyebabkan stres, kelelahan, dan ketidakpuasan terhadap pekerjaan.

3. Kurangnya pengakuan dan penghargaan

Ketika seseorang tidak menerima pengakuan atau penghargaan yang cukup atas kerja kerasnya, hal ini dapat mengurangi motivasi dan kepuasan kerja. Merasa tidak tahu berterima kasih dapat mengurangi semangat dan komitmen di tempat kerja.

Penting untuk berkomunikasi dengan atasan atau manajer Anda tentang kekhawatiran dan harapan Anda untuk mengatasi pekerjaan yang tidak menyenangkan. Diskusikan kondisi kerja yang tidak nyaman, berikan saran untuk mengurangi beban kerja yang berlebihan, dan mintalah umpan balik tentang kinerja Anda. 

Selain itu, untuk menghindari pekerjaan yang tidak bahagia adalah dengan mendapatkan dukungan dari rekan kerja dan menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi juga dapat membantu meningkatkan kepuasan kerja.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: