Buat Kalian Mahasiswa yang Kuliah Sambil Bekerja, Ikuti Tips Ini Agar Bisa Membagi Waktu dengan Seimbang

Buat Kalian Mahasiswa yang Kuliah Sambil Bekerja, Ikuti Tips Ini Agar Bisa Membagi Waktu dengan Seimbang

Potret orang yang menjalankan pekerjaan sambil kuliah.-freepik/@tirachardz-

INFORADAR.ID - Jika kamu menjadi mahasiswa yang mandiri dengan kuliah sambil bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup kamu, lakukan hal ini agar waktu kamu bisa lebih terorganisir. 

Bekerja sambil kuliah merupakan dua aktivitas yang bisa dialakukan secara bersamaan yang asalakan bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja yang sudah terbiasa dengan keadaan itu. 

Dengan kuliah sambil belajar, sehingga hal itu bisa dinilai sebagai kemandirian yang dilatih oleh para mahasiswa agar bisa memenuhi kebutuhannya, sehingga tidak perlu lagu mendapatkan biaya secara penuh dari orang tua. 

Namun dari pada itu, perku adanbya organisir waktu atau manajemen waktu yang harus dilakukan oleh orang yang melakukan dua aktivitas itu secara berasamaan agar bisa teratur dengan baik. 

Kamu bisa melakukan pembuatan jadwal dengan baik agar semuanya bisa teratasi dengan mudah, seperti melakukan beberapa cara ini:

BACA JUGA:Mau Masuk Kuliah? Pahami 5 Alur Pendaftaran Masuk PTIN Berikut

1. Buatlah jadwal yang fleksibel

aturlah waktu kamu dengan sebaik mungkin dengan menempati pekerjaadan dan pembelajaran pada porsirnya, di mana kamu bisa lebih fokus pada salah satunya di waktu tertentu. 

Tentukan jadwal di mana kamu harus menggunakannya untuk mengerjakan tugas kuliah dan juga menempatkan wakut bekerja pada jam yang sudah ditetapkan di tempat pekerjaan. 

2. Siapkan Agenda

Agenda akan sangat membantu kamu untuk mengorganisir pekerjaan kamu ketika waktu dan jadwal kamu penuh, sehingga kamu sudah menekmpatkan agenda itu sesuai pada waktu yang sudah disepakati sebelumnya.

tuliskan seluruh jadwal agenda dengan runtut agar kamu bisa menyelesaikannya satu persatu pada saat tiba waktunya. 

3. Gunakan Smartphone

Gunakan smartphone untuk membantu kamu menyeting jadwal dnegan menggunakan aplikasi kalender, sehingga kamu bisa mendapatkan alarm peringatan agar kamu tidak lupa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: