Punya Trauma di Masa Lalu dan Membuat Anda Susah untuk Merasa Bahagia? Hati-hati Terkena Anhedonia

Punya Trauma di Masa Lalu dan Membuat Anda Susah untuk Merasa Bahagia? Hati-hati Terkena Anhedonia

Potret wanita yang merasa tidak bahagia kaena anhedonia.-pixabay/@xusenru-

INFORADAR.ID - Perhatian hal ini jika Anda yang selalu merasa tidak bahagia dan bahkan sangat sulit untuk mendapatkan kebahagiaan karena Anhedonia, begini lengkapnya.

Tidak sedikit orang yang kerap kali sangat sulit memiliki kebahagiaan yang bertahan lama dan bahkan sulit sekali untuk mendapatkan kebahagiaan itu sendiri, hal inilah yang disebut dengan Anhedonia.

Anhedonia merupakan suatu kondisi di mana orang-orang akan merasa sulit untuk menikmati hidup dan merasa bahagia serta mendapatkan kepuasan dalam hidupnya.

Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya faktor penghambat, seperti karena trauma masa lalu, mati rasa secara emosional, kegagalan, kesedihan karena kehilangan, rasa bersalah, penyesalan dan masih banyak faktor pendukung lainnya.

Hal itu tentunya sangat buruk bagi kesehatannya, terkhususnya untuk kesehatan jiwa dan pikiran kamu, di mana ketidakbahagiaan itu sudah tertanam di bawah alam sadar kamu yang bisa disebabkan karena faktor yang telah disebutkan sebelumnya.

Untuk mengetahui hal itu, kamu bisa mengenali ciri-cirinya, antara lain:

1. Sering Merasa Tertekan

Suasana hati sehari-hari mulai terganggu, dengan pasang surut, tetapi paling sering akan merasa sangat tertekan.

Hal inj tentunya akan membuat kamu menjadi kekurangan antusiasme, energi, motivasi dan selalu merasa gelisah, kecemasan serta kesusahan akan setiap hal untuk bangkit.

BACA JUGA:Ingin Bahagia? Ikuti 5 Tips Ampuh Buat Kamu yang Ingin Berdamai dengan Masa Lalu

2. Tidak Menikmati Aktivitas

Mulai merasa sulit atau tidak dapat menikmati aktivitas yang biasanya dijalankan dengan penuh kenikmatan dan sangat enjoy.

Sebaliknya, kamu akan merasa tidak ada kegiatan yang dapat membuat kamu kembali bersemangat, karena sudah adanya pengaruh yang masuk ke dalam diri kamu.

3. Bingung dengan Hidup 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: