Sering Dapat Perlakuan Tidak Adil? Begini 13 Cara Menghadapi Komentar Negatif Orang Lain

Sering Dapat Perlakuan Tidak Adil? Begini 13 Cara Menghadapi Komentar Negatif Orang Lain

pse wajah orang yang sedang mendapatkan komentar negatif.-freepik/@drobotdean-

INFORADAR.ID – Buat kalian yang seringkali menghadapi cacian dan komentar negatif dari orang lain, kamu perlu melakukan tindakan berikut.

Dalam menjalin hubungan sosial, tidak semua orang akan menerima diri kita. Akan tetapi, banyak juga orang yang justru sebaliknya, hingga memberikan komentar negatif pada diri kita. 

Komentar negatif yang didapatkan oleh seseorang, biasanya akan membekas di dalam diri kita, jika kita tidak kuat menerima komentar negatif yang didapatkan. 

Dengan begitu, perlu adanya tindakan yang harus kita lakukan sebagai antisipasi diri agar komentar negatif yang didaptkan tidak menjatuhkan diri kita.

Kamu bisa melakukan 13 hal berikut agar kamu bisa lebih tegar:

1. Tetap Tenang dan Jadi Diri Sendiri

Jangan menganggap apapun secara pribadi. Tidak ada yang dilakukan orang lain karena kamu. Apa yang dikatakan dan dilakukan orang lain merupakan proyeksi dari realitas dan impian mereka sendiri. 

Ketika kamu kebal terhadap pendapat dan tindakan orang lain, kamu tidak akan menjadi korban penderitaan akanhal itu.

Tetap jadi dirimu sendiri dan sadari bahwa kita tidak mungkin menyenangkan semua orang. Jangan menjadi orang lain hanya supaya kita bisa diterima mereka.

BACA JUGA:Banyak Dampak Negatif, LPAI Ajak Para Guru Cegah Bullying di Sekolah

2. Tetapkan Batasan

Beri tahu mereka perilaku apa yang tidak dapat diterima dan bagaimana kita ingin diperlakukan. Katakan dengan tenang tanpa emosi, anggap saja mereka berperilaku kekanak-kanakan karena bersikap buruk.

3. Pilih Mana Perlu Direspon

Tidak semua komentar negatif perlu ditanggapi. Pertimbangkan apakah hal itu layak untuk diperdebatkan atau lebih baik dibiarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: