Lakukan 8 Cara Ini untuk Meninggalkan Kebiasaan Buruk di Dalam Diri Pribadi

Lakukan 8 Cara Ini untuk Meninggalkan Kebiasaan Buruk di Dalam Diri Pribadi

ilustrasi seseorang yang sedang marah dan bad attitude.-@freepik-

INFORADAR.ID – Berikut merupakan beberapa cara agar kamu bisa menghilangkan kebiasaan buruk di dalam diri pribadi. 

Menghentikan kebiasaan buruk bisa menjadi salahs atu hal sulit untuk dihilangkan, tapi yakinlah kalau itu pasti bisa kamu lakukan. 

Kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini agar kamu bisa mulai membiasakan diri untuk menghilangkan kebiasaan buruk di dalam diri kamu, seperti: 

1. Menganalisis Kebiasaan

Dengan mengetahui penyebab kebiasaan buruk, di mana hal itu  dapat membantu kamu untuk menghentikan kebiasan murukmu. 

Sebagian besar perilaku kebiasaan adalah pola yang berkembang karena diberi imbalan dalam beberapa cara. Misalnya, lebih mudah menyelesaikan tugas-tugas umum atau menangani emosi. Seperti yang dikatakan Lauren Urban, seorang psikoterapis berkualifikasi: "Mempelajari ritual [seputar kebiasaan] membantu membentuk kebiasaan baru".

Sebagai contoh, Anda mungkin akan mengambil sebatang rokok saat merasa gugup atau bosan, atau menggigit kuku saat belajar atau cemas.

Isyarat dan pemicu untuk melakukan hal-hal yang biasa dilakukan disebut lingkaran kebiasaan. Untuk menghentikan kebiasaan, siklus atau lingkaran tersebut harus dihentikan.

BACA JUGA:Kenali Jenis Parfum Sesuai dengan Kepribadian, Kamu Suka yang Mana?

2. Mulailah Dari Hal Kecil

Hentikan kebiasaan kecil untuk meningkatkan motivasi diri kamu. Beberapa kebiasaan sulit untuk diubah karena solusinya sulit dipahami. 

Mulailah memilih dari tujuan yang aman, sederhana, dapat dicapai dan berkelanjutan daripada tujuan yang besar terlebih dahulu.

Bagilah tujuanmu menjadi beberapa langkah kecil yang dapat dicapai. Dengan cara ini, kamu akan lebih termotivasi untuk mencapai tujuan akhir.

3. Ganti Kebiasaan Buruk dengan Pencapaian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: