Mengenal Istilah-istilah Dalam Debat Cawapres 21 Januari Lalu: Mulai dari Hirilisasi Hingga Greenflation

Mengenal Istilah-istilah Dalam Debat Cawapres 21 Januari Lalu: Mulai dari Hirilisasi Hingga Greenflation

Potret Cawapres dari ketiga [email protected]

INFORADAR.ID – Ini merupakan beberapa istilah yang beberapa waktu lalu disebutkan oleh ketiga paslon di debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) ke-4.

Debat ke-4 yang ini merupakan debat kedua yang ditujukan khusus untuk debat Cawapres. Debat yang sudah berlangsung beberapa waktu lalu, tepatnya pada hari Minggu, 21 Januari 2024.

Depat Caawapres ini dilaksanakan di Jakarta Conventional Center (JCC) Senayan yang dimulai pukul 19.00 hingga selesai.

Peserta Debat Cawapres keempat ini tentunya diikuti oleh ketiga paslon, seperti Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD. 

Adapun dalam debat kali ini, dipandu oleh dua jurnalis terkenal dan ternama, seperti Zilvia Iskandar yang merupakan jurnalis Metro TV dan juga Retno Pinasti yang merupakan jurnalis dari SCTV.

Tidak hanya itu, pada debat kali ini juga didampingin oleh 11 panelis yang tentunya mengalami latar belakang yang sesuai dengan tema yang pada kali ini membahas tentang lingkungan hidup, pembangunan berkelanjutan, agrarian, sumber daya alam, pangan, energi, serta desa dan masyarakat adat.

Dalam debat tersebut, terdapat beberapa istilah yang dibahas dan disebutkan oleh ketiga paslon yang masing-masing diantaranya menyebutkan istilah yang mungkin saja tidak dipahami oleh masyarakat umu.

Berikut merupakan beberapa istilah yang disebutkan, seperti: 

BACA JUGA:Rekam Jejak Pertanyaan Gibran untuk Muhaimin dan Mahfud dalam Debat ke-4 Cawapres 21 Januari

Hilirisasi

Proses mengolah bahan baku menjadi barang siap pakai. Contohnya barang mentah akan diolah menjadi barang setengah jadi atau jadi, sehingga meningkatkan nilai tambah suatu produk atau komoditas tertentu.

Pentahelix

Pentahelix merupakan kerjasama multipihak, mulai dari unsur pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media. Kelimanya berkolaborasi untuk menciptakan tujuan bersama.

Taubat Ekologis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: