Mau Mengonsumsi Asupan yang Penuh Gizi? Berikut Daftar Buah dan Sayur yang Paling Meyehatkan Tubuh

Mau Mengonsumsi Asupan yang Penuh Gizi? Berikut Daftar Buah dan Sayur yang Paling Meyehatkan Tubuh

Potret beberapa makanan yang sehat.-pixabay/@RitaE-

INFORADAR.ID – Berikut merupakan daftar buah dan sayur yang kaya akan gizi, sehingga dapat menyehatkan tubuh.

Salah satu elemen kunci dari banyak makanan sehat adalah adanya antioksidan. Antioksidan melindungi tubuh kita dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan racun lainnya. Singkatnya, kita membutuhkan antioksidan.

Oleh karena itu, kita bisa mendapatkan kembali kesehatan kita dengan mengetahui makanan apa saja yang super sehat dan memasukkannya ke dalam menu makanan kita.

Ini dia daftar dan jenis buah dan sayuran yang bisa menyehatkan tubuh dengan memiliki kandungan gizi antioksidan:

1. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang satu rumpun dengan kangkung, menempati urutan kedua dalam daftar 'Makanan Tersehat di Dunia' setelah kubis.

Semua orang tahu kekuatan sayuran berdaun ini dari karakter kartun berotot yang terkenal ini, tapi manfaat bayam lebih dari sekadar membuat bisep Popeye membengkak.

Sayuran hijau-kuning yang lezat ini kaya akan antioksidan yang bermanfaat dan secara signifikan dapat mengurangi risiko kardiovaskular.

Daftar nutrisi penting terlalu panjang untuk dicantumkan di sini. Sayuran ini juga serbaguna, terjangkau dan banyak tersedia dalam berbagai bentuk, sehingga mudah dimasukkan ke dalam menu makanan sehari-hari.

BACA JUGA:Jaga Sistem pencernaan Anda dengan Rutin Mengkonsumsi Jagung

2. Sawi Hijau

Sayuran ini sangat populer dalam masakan Asia Timur dan Selatan, sawi adalah makanan super yang tidak banyak dikenal, tetapi tidak salah sehat.

Mereka adalah salah satu sumber vitamin K tertinggi yang dapat mencegah pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan jantung dan tulang.

Manfaat lainnya termasuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan mata. Dapat ditambahkan ke dalam tumisan, kari dan sup untuk mendapatkan rasa pedas yang tajam.

3. Kangkung

Kangkung dianggap sebagai makanan super, karena dikenal dengan sayuran yang sangat sehat sehingga manfaat kesehatan dari kangkung tidak terbatas.

Kangkung kaya akan serat, antioksidan, kalsium, vitamin C dan K, serta zat besi. Semua ini diketahui dapat membantu mencegah sejumlah masalah kesehatan.

Penderita diabetes dapat memperoleh manfaat yang besar dengan meningkatkan asupan kangkung, karena telah terbukti dapat mengurangi produksi racun yang terkait dengan masalah gula darah tinggi.

Kangkung juga direkomendasikan untuk meningkatkan asupan serat makanan dan kalium, yang keduanya dapat mengurangi risiko kardiovaskular.

Kangkung mengandung klorofil dan mengandung klorofil yang dapat mengikat zat karsinogenik dan mencegah penyerapannya ke dalam tubuh manusia.

Meskipun dianjurkan untuk mengurangi paparan karsinogen sebanyak mungkin, misalnya dengan berhenti merokok dan menghindari produk hewani, namun tidak mungkin untuk menghindarinya.

Oleh karena itu, dengan memakan kangkung untuk makan siang dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Terakhir, kangkung juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut karena mengandung beta-karoten yang membantu menjaga jaringan tubuh.

BACA JUGA:Langkah Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Sembuh dari Trauma Masa Kecil

4. Selada Air

Ketika menulis tentang makanan super, selada air sangat baik untuk Anda sehingga diberi kategori sayuran 'pembangkit tenaga listrik' oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Selada air merupakan sepupu jauh dari kubis, selada air tidak hanya mengurangi risiko kanker, tetapi juga menurunkan tekanan darah.

Ini juga dapat membedakannya dari makanan super nabati lainnya adalah kandungan asam lemak omega-3-nya. Lemak yang ramah bagi jantung ini sangat penting untuk pencegahan penyakit jantung.

Selada air juga dapat ditambahkan ke dalam sandwich, salad, dan hidangan portabel lainnya, sehingga Anda dapat membawa makanan sehat ke mana pun Anda pergi.

5. Tomat yang Dijemur di bawah Sinar Matahari

Versi tomat yang luar biasa ini mungkin yang paling lezat dan sehat. Tomat ini kaya akan antioksidan yang penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh, kesehatan mata dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Mungkin yang paling penting, tomat yang dijemur sangat lezat dan cocok dengan salad, sandwich dan pizza.

6. Artichoke

Artichoke adalah salah satu sayuran terkaya akan antioksidan. Rasanya lezat, rendah lemak dan kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin K, asam folat, fosfor dan magnesium.

Profil yang luar biasa ini membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, yang sangat penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Manfaat potensial lainnya termasuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan pencernaan, sifat anti-kanker dan mengobati IBS.

7. Kacang Polong

Sayuran hijau yang kecil namun kuat ini adalah harta karun vitamin dan protein: tiga perempat cangkir kacang polong mengandung lebih banyak protein daripada seperempat cangkir kacang almond atau satu sendok makan selai kacang. Kacang polong juga kaya akan vitamin K, yang efektif melawan osteoporosis.

Jika Anda adalah seorang anak yang terbiasa menghancurkan kacang polong di bawah pisau untuk menyembunyikannya dari keluarga Anda, mungkin ini saatnya untuk memikirkan kembali makanan super serbaguna ini.

BACA JUGA:Tips Diet Sehat Anti Stres, Kurangi Nafsu Makan dengan Cara Berikut

8. Paprika

Paprika adalah makanan super yang benar-benar serbaguna. Mereka hadir dalam berbagai bentuk dan warna, masing-masing dengan rasa dan kegunaan yang unik. Paprika adalah contoh yang sempurna.

Jika Anda sedang mengurangi kalori, paprika adalah makanan yang rendah kalori dan lezat. Tidak hanya dapat ditambahkan ke dalam tumisan, kari dan saus, tetapi juga dapat dimakan sendiri.

Paprika juga merupakan sumber vitamin A, C dan kalium yang sangat baik serta mengandung serat dan zat besi.

9. Brokoli

Brokoli adalah makanan super silangan, bersama dengan kubis dan sayuran hijau lainnya. Ini berarti brokoli termasuk dalam kelompok elite dan untungnya sesuai dengan reputasinya.

Brokoli juga mengandung protein yang sangat tinggi, yaitu 4,3 g per 100 g. Jumlah ini mungkin terlihat rendah, namun sangat rendah kalori dan kandungan proteinnya dapat dimaksimalkan dengan menyajikannya dalam porsi yang besar di atas piring.

Untuk kesehatan tulang, brokoli mengandung kombinasi kalsium dan vitamin C yang dahsyat. Brokoli juga bisa dibilang sebagai salah satu makanan super yang paling lezat.

10. Wortel

Dahulu kala, saat masih kecil kita diberitahu bahwa makan wortel akan membantu kita melihat dalam kegelapan.

Ini mungkin trik cerdas untuk membuat kita makan sayuran, tapi mungkin tidak sejauh yang kita pikirkan, wortel kaya akan vitamin A.

Vitamin A sangat penting untuk penglihatan yang baik karena membantu mengubah cahaya menjadi sinyal otak.

Selain untuk penglihatan di malam hari, wortel memiliki manfaat lain yang berasal dari kandungan karotenoidnya yang tinggi.

Senyawa yang luar biasa ini tidak hanya memberikan warna oranye cerah pada wortel, tetapi juga terkait dengan peningkatan fungsi kekebalan tubuh dan penurunan risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif.

Itu adalah sepuluh makanan super tersehat yang cocok dijadikan untuk menu diet sehat Anda, sehingga tubuh akan tetap ternutrisi dengan baik.

Hal lain yang harus diperhatikan agar Anda bisa mencari warna-warna yang cerah dan kuat ketika memilih sayuran. Ini berarti sayuran tersebut kaya akan antioksidan, vitamin dan senyawa tanaman yang sehat.

Makanan kesehatan benar-benar serbaguna, lezat dan menarik, mengandung nutrisi dan vitamin penting untuk kesehatan yang baik sekaligus rendah kalori dan cocok untuk diet sehat.(*)

BACA JUGA:Talas Solusi Alternatif Kesehatan Anda Terutama Bagi Orang Malas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: