Langkah Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Sembuh dari Trauma Masa Kecil

Langkah Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Sembuh dari Trauma Masa Kecil

Ilustrasi penyebab trauma masa kecil --sumber & design freepik

INFORADAR.ID - Meskipun anak-anak sering dianggap sangat tangguh dan mampu keluar dari situasi apa pun, pengalaman Trauma Masa Kecil dapat menimbulkan konsekuensi yang serius dan bertahan lama di masa dewasa jika tidak diatasi. Trauma masa kecil dapat disebabkan oleh hal-hal yang membuat anak merasa tidak berdaya atau mengganggu rasa aman dan nyaman.

Jika Trauma Masa Kecil terus berlanjut hingga dewasa, Anda perlu mencari cara untuk mengatasinya dengan segera. Hal ini karena trauma menyebabkan emosi bergejolak ketika dihadapkan pada pemicunya. Tanpa disadari, trauma masa lalu yang mengakar dapat berdampak negatif pada karier, hubungan, kesehatan, dan kehidupan secara umum.

Untuk menyembuhkan Trauma Masa Kecil anda perlu untuk memulai proses yang seharusnya sudah ada sejak awal. Namun, tidak ada yang tidak mungkin. Meskipun membutuhkan waktu, masih ada harapan bagi orang-orang untuk pulih dari pengalaman trauma mereka.

Berikut ini Langkah-langkah menuju penyembuhan dari trauma masa kecil

1. Kenali kebutuhan Anda sendiri sebelum membantu orang lain

Orang dengan trauma masa kecil biasanya mencoba untuk membantu, menyelamatkan, atau menawarkan solusi karena mereka terbiasa melakukannya untuk mendapatkan perhatian dari orang tua mereka.

Solusi Ketahuilah dan sadari bahwa kebutuhan mereka sama pentingnya dengan kebutuhan orang lain.

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Mental Agar Lebih Stabil, Kamu Harus Coba Ini!

2. Identifikasi kebutuhan yang belum terpenuhi.

Orang yang mengalami trauma biasanya tumbuh di lingkungan dengan kebutuhan yang tidak terpenuhi, misalnya tidak pernah dipuji, selalu merasa cemas karena masalah yang ada di sekitarnya, tidak memiliki banyak kebebasan (terlalu dikekang).

Solusi Ciptakan rutinitas, lakukan afirmasi di pagi dan sore hari, cobalah hal-hal baru, berpetualang.

3. Berikan diri Anda apa yang Anda butuhkan.

Orang yang pernah mengalami trauma fokus pada pemenuhan peran sampai mereka terputus dari diri mereka sendiri.

Solusi Luangkan waktu untuk mengidentifikasi apa yang Anda butuhkan. Ini bisa jadi sesuatu yang sederhana seperti bekerja lebih sedikit dari biasanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: