Jaga Sistem pencernaan Anda dengan Rutin Mengkonsumsi Jagung

Jaga Sistem pencernaan Anda dengan Rutin Mengkonsumsi Jagung

Ilustrasi Seseorang Jaga Pola Makanan--freepik/ benzoix

INFORADAR.ID - Jagung adalah biji-bijian yang telah menjadi bahan dasar makanan di banyak budaya dan menawarkan banyak manfaat kesehatan yang penting serta memberikan rasa yang lezat.

Jagung dipercaya memilliki kandungan sumber serat makanan yang baik untuk perncernaan anda.

Beberapa manfaat kesehatan dari jagung antara lain:

1. Sumber serat makanan

Jagung kaya akan serat makanan, yang membantu menjaga sistem pencernaan yang sehat. Serat mencegah sembelit, melancarkan pencernaan dan mendukung pertumbuhan bakteri sehat dalam saluran pencernaan.

2. Kaya akan antioksidan.

Antioksidan dalam jagung, seperti karotenoid dan vitamin C, membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

3. Menjaga kesehatan mata.

Karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin pada jagung dapat melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV. Konsumsi jagung membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko penyakit mata yang berkaitan dengan usia.

BACA JUGA:Manfaat Lemon Peluang Hidup Anda Akan Lebih Baik Dari Sebelumnya

4. Menjaga kesehatan jantung.

Jagung mengandung fitosterol yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol yang lebih rendah membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Mengurangi risiko diabetes.

Serat dalam jagung membantu mengontrol kadar glukosa darah. Konsumsi jagung membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 dengan mengatur penyerapan gula.

6. Sumber energi dan karbohidrat sehat

Jagung mengandung karbohidrat kompleks yang menyediakan sumber energi yang stabil. Karbohidrat ini membantu menjaga tingkat energi tubuh dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

7.Mendukung fungsi otak

Jagung mengandung tiamin, atau vitamin B1, yang penting untuk fungsi otak yang optimal. Tiamin membantu metabolisme energi dan meningkatkan daya ingat.

8. Kaya akan mineral penting.

Jagung mengandung mineral seperti magnesium dan fosfor, yang penting untuk kesehatan tulang dan fungsi sistem saraf. Kandungan mineral ini mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh.

9. Mendukung manajemen berat badan.

Jagung rendah lemak dan kalori, sehingga cocok untuk program manajemen berat badan. Kandungan serat dalam jagung membuat Anda merasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

10. Meningkatkan kesehatan kulit

Vitamin C dalam jagung membantu produksi kolagen, protein yang diperlukan untuk kesehatan kulit. Kolagen membantu menjaga elastisitas kulit dan melindungi dari tanda-tanda penuaan.

Kandungan nutrisi yang melimpah dan berbagai manfaat kesehatan menjadikan jagung pilihan yang bijak untuk menu makanan sehari-hari.

Baik dimasak menjadi hidangan utama, digunakan sebagai pemanis alami, atau diolah menjadi makanan ringan yang sehat, jagung memiliki efek positif pada kesehatan Anda secara keseluruhan.(*)

BACA JUGA:Cita Rasa yang Asem Ternyata Markisa Baik untuk Nutrisi Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: