Triwulan III Investasi di Banten Sudah Lampaui Target, Tembus Rp 78 Triliun

Triwulan III Investasi di Banten Sudah Lampaui Target, Tembus Rp 78 Triliun

Kepala DPMPTSP Banten Virgojanti usai melakukan ekspose realisasi investasi triwullan III di Hotel Le Dian, Kota Serang, Selasa, 7 November 2023. Foto: Yusuf--

INFORADAR.ID --- Baru triwulan III Tahun 2023, investasi yang masuk Banten sudah mencapai Rp 78 triliun. 

Angka investasi sebesar itu jauh melampaui target yang sudah ditetapkan sebesar Rp 60 triliun. 

Pemprov Banten melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Banten, mencatat bahwa realisasi investasi di Provinsi Banten per bulan September 2023 sudah mencapai Rp78 triliun.

Kepala DPMPTSP Banten Virgoyanti memaparkan hal itu dalam acara ekspos realisasi investasi triwullan III di Hotel Le Dian, Kota Serang, Selasa, 7 November 2023.

"Alhamdulillah realisasi investasi yang masuk ke kita (Banten -- Red) sudah mencapai 100 persen lebih, dari target Rp60 triliun, kita sudah capai Rp78 triliun. Artinya, kita sudah mencapai 138 persen,” kata Virgojanti dalam sambutannya.

Virgoyanti menambahkan, berdasarkan hasil realisasi investasi yang dihitung pada triwullan ke III per bulan Juli-September 2023, realisasi investasi pada triwullan ke tiga mencapai Rp28,04 triliun.

Realisasi investasi itu, kata Virgo, terdiri dari Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Rinciannya, PMA sebesar Rp17,97 triliun dan PMA sebesar Rp10 triliun.

"Jadi realisasi investasi pada triwullan ke III ini mengalami pertumbuhan dibandingkan triwullan ke III periode tahun 2022. Dimana,  pada triwullan ke III tahun 2022, realisasinya hanya sebesar Rp23,78 triliun dengan PMA sebesar Rp13,60 triliun dan PMDN sebesar Rp10,18 triliun,” kata Virgoyanti yang juga penjabat (Pj) Sekda Banten ini sebagaimana dilansir dari laman radarbanten.co.id. 

Virgoyanti mengatakan, kini pihaknya tengah mengejar target realisasi investasi yang ditargetkan oleh pemerintah pusat, yaitu sebesar Rp82,97 triliun. Pihaknya yakin bahwa target nasional itu dapat tercapai dengan kerjasama semua daerah di Banten.

Ia mengingatkan, kepada DPMPTSP di 8 Kabupaten dan Kota di Banten untuk terus menggali potensi investasi dan memberikan pelayanan yang maksimal tanpa membeda-bedakan jenis investasinya.

"Kami yakin target nasional itu dapat tercapai, karena saat ini saja realisasinya sudah mencapai 95 persen. Untuk itu saya minta kepada seluruh DPMPTSP agar memberikan pelayanan yang terbaik. Jangan beda-bedakan jumlah dan jenis investasinya, jangan hanya melihat pabrik saja, tapi UMKM juga. Sebab, pelaku UMKM juga merupakan pelaku investasi yang banyak memberikan kontribusi kepada masyarakat Banten,” pungkasnya.

 

Reporter : Yusuf Permana

Editor: M Widodo 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: