Bank Banten Teken MoU KUB dengan Bank Jatim

Bank Banten Teken MoU KUB dengan Bank Jatim

Pj Gubernur Banten Al Muktabar menyaksikan penandatanganan MoU dalam rangka KUB antara Bank Banten dengan Bank Jatim.-Biro Adpim Setda Provinsi Banten-

INFORADAR.ID – PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk atau Bank Banten akhirnya melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Kelompok Usaha Bank (KUB) dengan Bank Jatim.

Hal itu dilakukan untuk memenuhi modal inti yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) senilai Rp3 triliun. Penandatanganan itu dilakukan di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin, 4 Maret 2024.

Pj Gubernur Banten Al Muktabar menyaksikan langsung penandatanganan KUB tersebut. Ia pun meminta Bank Banten untuk dapat menyiapkan sejumlah skema dalam penguatan dan memaksimalkan potensi perekonomian yang ada di Provinsi Banten.

“Saya minta ke Bank Banten untuk dapat segera merespon apa saja yang menjadi potensi ekonomi di Provinsi Banten, sehingga ekspansi usaha itu bisa secara menyeluruh,” ujar Al usai menghadiri Focus Group Discussion Pemenuhan Modal Inti Minimum Bank Pembangunan Daerah dan Konsolidasi Perbankan Daerah serta menyaksikan penandatanganan MoU antara Bank Banten dengan Bank Jatim dalam KUB.

Al berharap nota kesepakatan tersebut dapat menjadi pendorong guna mewujudkan cita-cita Bank Banten dalam mengoptimalkan potensi yang dimiliki. “Kita mengapresiasi atas beberapa capaian, meskipun kita harus tetap terus meningkatkan beberapa hal, tentu ini menjadi perhatian khusus dari segenap jajaran Bank Banten dalam meningkatkan kinerja,” terangnya seperti dikutip dari Radarbanten.co.id.

BACA JUGA:HUT ke-7 Bank Banten, Pj Gubernur Al Muktabar Berbagi Tumpeng

Ia menuturkan  penguatan bank pembangunan daerah sangat penting. “Dan diharapkan Bank Banten dapat menjadi Regional Champion dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” tegas Al.

Sementara, Komisaris Bank Banten yang sekaligus Pj Sekda Provinsi Banten Virgojanti  MoU dengan Bank Jatim tersebut menjadi langkah awal dalam menguatkan Bank Banten. Pihaknya akan melakukan penyusunan rencana kerja bersama Bank Jatim.

"Mudah-mudahan Bank Banten dapat berdaulat dan bisa menjadi regional champion dalam perkembangan ekonomi di Provinsi Banten," ujarnya.

Selanjutnya, Virgojanti juga menuturkan, Bank Jatim telah memiliki pengalaman yang baik dalam melakukan kerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah lainnya, seperti Bank NTB Syariah dan Bank Lampung.

"Bank Jatim ini telah memiliki banyak pengalaman dalam melakukan MoU KUB," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Bank Banten Muhammad Busthami mengungkapkan, bagi Bank Banten dengan dilakukannya penandatangan MoU bersama Bank Jatim bukan hanya sebatas pemenuhan modal inti minimum. Melainkan untuk memperluas jangkauan potensi bisnis yang ada.

"Kita bisa memaksimalkan penguatan kerja sama dengan Bank Jatim, kita akan banyak belajar. Karena potensi bisnis di Provinsi Banten itu sangat luar bisa, mudah-mudahan dengan ini kepercayaan publik dapat meningkat," tuturnya.

Selain itu, ia menyampaikan, MoU KUB tersebut juga dilakukan lantaran Bank Jatim menilai terdapat kemiripan local content.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: