Ternyata Rajin Mengonsumsi Air Rebusan Jahe Merah Banyak Manfaatnya Untuk Tubuh, Salah Satunya Menguatkan Imun

Ternyata Rajin Mengonsumsi Air Rebusan Jahe Merah Banyak Manfaatnya Untuk Tubuh, Salah Satunya Menguatkan Imun

Ilustrasi air rebusan jahe merah-istock-

INFORADAR.ID - Kamu rajin mengonsumsi air rebusan jahe merah? Jika iya, kebiasaan itu harus terus kamu lakukan. Sebab, rajin mengonsumsi air rebusan jahe merah sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Salah satunya adalah menguatkan imun tubuh. 

Untuk mengonsumsi air rebusan jahe merah, kamu tidak perlu risau. Sebab, tumbuhan yang disebut juga sebagai zingiber officinale tersebut sangat mudah di temui di Indonesia. Harga pun cukup terjangkau. 

Jahe merah sendiri diketahui sebagai tanaman herbal. Hal tersebut dikarenakan jahe merah kaya manfaat untuk tubuh. Namun sebelum mengonsumsi jahe merah, kamu juga perlu tahu ciri khasnya agar tidak salah mengonsumsinya. 

Ciri khas jahe merah ialah memiliki kulit rimpang berwarna hijau kemerahan. Kalau dibandingkan dengan jahe biasa, rasa jahe merah lebih pahit dan pedas.

Jahe merah sendiri mengandung minyak atsiri atau esensial. Selain itu, juga mengandung senyawa bioaktif yang cukup beragam seperti, shogaols, paradols dan gingerol.

Kandungan yang ada di jahe merah tersebut berperan sebagai anti radang, anti kanker, hingga anti jamur. Selain itu, jahe juga mengandung zat yang mampu meredakan demam dan nyeri secara alami.

BACA JUGA:7 Minuman Viral TikTok Yang di Minati Bagi Kamu Anak Muda

Nah untuk mengetahui manfaat mengonsumsi air rebusan jahe merah, berikut ini kami informasikan untuk kamu. 

1. Menurunkan Glukosa Darah dan Kolesterol

Menurut penelitian khasiat air rebusan jahe merah jika terus dikonsumsi rutin dapat menurunkan glukosa darah secara signifikan. Namun untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, kamu disarankan tidak menggunakan gula.

 2. Anti Penuaan

 Mengonsumsi air rebusan jahe merah juga dapat mengendalikan proses penuaan. Hal tersebut dikarenakan jahe bersifat anti oksidatif dan anti inflamasi. Tidak hanya itu, jahe merah juga memiliki potensi antimikroba.

 3. Meredakan Nyeri Menstruasi

Mengonsumsi air rebusan merah juga dapat membantu meredakan nyeri haid. Menurut hasil penelitian, efek jahe merah setara dengan obat pereda nyeri, seperti paracetamol. Namun hal ini memiliki efek yang bervariasi pada setiap orang. Bagi wanita yang sedang haid dapat jahe merah sebanyak dua gelas selama tiga hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: