Tes Kesehatan Mental Sekarang Bisa Secara Online Lho, Simak Caranya di Sini

Tes Kesehatan Mental Sekarang Bisa Secara Online Lho, Simak Caranya di Sini

Apabila merasa stres, anda bisa tes kesehatan mental secara online. (foto : iStock)--

INFORADAR.ID – Anda merasa stres? Ingin tahu apakah kesehatan mental anda terganggu, tapi malu ke dokter? Bisa tes kesehatan online mental kok.

Menurut World Health Organization (WHO) kesehatan optimal diartikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang memiliki keadaan fisik, mental, dan sosial yang seutuhnya. Untuk mengetahui apakah kita sehat atau tidak, tentu ada tes atau pemeriksaan yang harus dilakukan, baik itu kesehatan fisik, kesehatan mental, dan kesehatan sosial. Saat ini, kita juga bisa melakukan tes kesehatan mental online.

Untuk mengetahui kesehatan fisik, kita dapat mengukur dengan alat kesehatan seperti tensimeter untuk mengukur tekanan darah, alat suhu digital untuk mengukur suhu tubuh, alat cek darah di laboratorium, alat rongten untuk mengetahui gambaran adanya kelainan pada tubuh, dan masih banyak lagi alat lainnya. Lalu bagaimana caranya mengetahui kesehatan mental? Alat ukur kesehatan mental dapat diperiksa dengan menggunakan kuesioner yang sudah divalidasi atau disebut juga tes kesehatan mental online.

Namun, anda juga perlu pastikan kalau kuesioner yang anda gunakan untuk mengukur tes kesehatan mental anda sudah terbukti valid, sehingga menghasilkan hasil yang valid juga untuk asesmen, monitoring, dan evaluasi kesehatan mental anda.

Kenapa sih perlu tes kesehatan mental? Karena, mengenali adanya gangguan mental mungkin sejak dini akan jauh lebih baik dibandingkan membiarkan terlalu lama yang dapat menyebabkan terganggunya fungsi sehari-hari. Jika lebih awal diketahui, maka akan mempermudah penanganan dan biaya pengobatan.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Film yang Mengangkat Isu Kesehatan Mental

Untuk mengetahui apakah kesehatan mental anda terganggu atau tidak, maka anda bisa juga mendeteksi sebelum melakukan pemeriksaan. Ada beberapa gejala yang umum dialami seseorang mengidap gangguan kesehatan mental. Misalnya saja, makan dan tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit (tidak teratur), lebih suka menyendiri, merasa cemas dan gelisah berlebihan, merasa bingung yang berlebihan, mudah marah, hingga gampang berkelahi dengan teman dan keluarga.

Saat ini, ada banyak aplikasi tes kesehatan mental yang bisa digunakan. Selain memastikan kuesioner yang digunakan valid, anda juga perlu memastikan bahwa jawaban yang anda berikan adalah jujur dan apa adanya. Ingat! Saat mengisi kuesioner, tidak ada jawaban yang benar atau salah.

Kuesioner dalam tes kesehatan mental membantu mendeteksi potensi depresi. Penilaian dilakukan berdasarkan gejala selama dua sampai empat minggu terakhir, seperti rasa sedih, cemas, atau enggan beraktivitas.

Setelah mengisi kuesioner, akan muncul hasilnya yang dapat dilihat langsung atau dikirim ke email anda. Apabila merasa kurang puas dengan tes kesehatan mental online, maka anda dapat langsung berkonsultasi dengan psikolog.(*)

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Mental dengan Lakuin 3 Hal Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: