Jaga Kesehatan Mental dengan Lakuin 3 Hal Ini

Jaga Kesehatan Mental dengan Lakuin 3 Hal Ini

Ilustrasi seseorang dengan berbagai macam gangguan mental.-freepik-

INFORADAR.ID – Kesehatan mental tidak kalah penting dengan kesehatan fisik. Mental yang sehat akan membuat pikiran menjadi lebih positif, sehingga tubuh akan berfungsi dengan baik secara emosional, sosial dan psikologis.

Perlu diingat bahwa kesehatan mental merupakan hal yang tidak boleh diabaikan dan harus dijaga sebaik mungkin. Karena jika mentalmu sehat, apapun aktivitas yang kamu lakukan pasti akan berjalan dengan baik. 

Mental yang sehat juga akan membantu kamu dalam mennetukan bagimana kamu menangani stress, berhubungan dengan orang lain, hingga membuat pilihan. Jadi, menjaga kesehatan mental adalah hal yang penting disetiap tahap kehidupan.

Mental yang sehat dapat mendatangkan berbagai manfaat bagi dirimu secara keseluruhan. Jadi mari menjaga kesehatan dengan melakukan hal ini

1. Ringankan stress pekerjaan 

Kamu bisa lakukan istirahat ketika hari libur, ya paling tidak kamu istirahat di rumah saja jika kamu hanya memiliki waktu untuk itu. Jangan pikirkan beban yang lain terlebih dahulu, biarkan diri kamu istirahat sejenak, setelah itu tubuh akan terasa lebih fresh lagi.

2. Menerima diri sendiri

Self healing dengan cara meditasi, jalan-jalan sendirian sambil merenungkan hal positif bisa membuat kamu lebih mengenal diri sendiri dan sadar atas kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki.

3. Memaafkan diri sendiri dan orang lain

Self healing untuk yang satu ini juga tidak sulit kok. kamu bisa sekeder menulis jurnal, melakukan hobi yang disuka, dan tidak ada salahnya menjaga kontak fisik sesaat untuk istirahat atau berlibur jauh dari orang-orang yang membuat kamu sedih dan merasa tidak nyaman. Tetapi, jangan lupa untuk kembali ke sedia kala.

Nah, jadi mulai sekarang mari menjaga kesehatan mental kamu. Lakukan cara menjaga kesehatan mental yang telah dipaparkan diatas agar fisik, psikis, emosi dan kehidupan sosialmu selalu dalam kondisi yang baik.(*)

Konitatu Rahmah, Mahasiswa PPL UIN SMH Banten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: