Suka Ngerasa FOMO sama Hal-hal Baru di Media Sosial? Begini Cara Mengatasinya!

Suka Ngerasa FOMO sama Hal-hal Baru di Media Sosial? Begini Cara Mengatasinya!

Potret orang yang FOMO.-freepik/@tirachardz-

INFORADAR.ID – Di era media sosial yang semakin mendominasi kehidupan sehari-hari, Fenomena Fear of Missing Out (FOMO) telah menjadi perhatian utama, terutama di kalangan generasi muda. 

FOMO adalah fenomena umum di era media sosial yang biasanya orang-orang yang memiliki tipikal kepribadian yang mudah terhasut, mereka akan berlomba-lomba mengikuti tren yang sedang ramai di media sosial.

FOMO merujuk pada perasaan cemas atau khawatir bahwa seseorang akan kehilangan pengalaman sosial yang berharga yang dialami orang lain. 

Namun, terdapat 7 langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi perilaku FOMO ini, dengan mengimplementasikan beberapa hal berikut ini:

BACA JUGA:Prestasi Gemilang, Taman Safari Bogor Raih Penghargaan Destinasi Wisata Ikonik 2024

BACA JUGA:Para Ciwi Wajib Tahu, Ini 4 Trik yang Akan Sangat Bermanfaat Bagi Kamu


Potret orang yang FOMO.-freepik/@tirachardz-

1. Menyadari dan Mengakui Perasaan FOMO

Langkah pertama dalam mengatasi FOMO adalah menyadari bahwa perasaan tersebut ada. Kamu biasanya akan merasa cemas karena tidak terlibat dalam suatu aktivitas atau tidak diundang ke acara tertentu yang sedang sangat ramai.

2. Kurangi Penggunaan Media Sosial

Salah satu cara paling efektif untuk mengurangi FOMO adalah dengan membatasi waktu yang dihabiskan di media sosial. 

Penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan di platform ini, semakin besar kemungkinan seseorang mengalami FOMO. 

3. Fokus pada Kualitas Interaksi


Potret anak-anak yang tidak fomo -pixabay/@andros1234-

Alih-alih berusaha mengikuti semua acara atau tren, penting untuk fokus pada kualitas interaksi. Luangkan waktu untuk menjalin hubungan yang lebih dalam dengan teman-teman terdekat dan keluarga. 

Menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang terkasih dapat mengurangi rasa cemas tentang kehilangan pengalaman sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: