Peringati Tahun Baru 1444 H, Masjid Nurul Musthofa Hadirkan Tokoh Banten H Embay Mulya Syarief

Peringati Tahun Baru 1444 H, Masjid Nurul Musthofa Hadirkan Tokoh Banten H Embay Mulya Syarief

H Embay Mulya Syarief saat menyampaikan hikmah Muharam. Foto: M Widodo/Radar Banten--

SERANG, INFORADAR.ID - Hikmah bulan Muharam sungguh banyak dan luar biasa. Banyak peristiwa besar terjadi di bulan ini. Mulai dari diturunkannya Nabi Adam AS ke bumi hingga hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah.

Hal itu disampaikan tokoh Banten H Embay Mulya Syarief saat memberikan tausiyah dalam rangka memperingati Tahun Baru Hijriah 1 Muharam 1444 H di Masjid Nurul Musthofa, Permata Safira, Sepang, Kota Serang, Sabtu, 30 Juli 2022 ini.

Demikian juga Nabi Musa ditenggelamkan oleh Raja Firaun terjadi di bulan Muharam. Namun melalui tongkatnya, Allah menyelamatkannya. 

Kemudian kisah Nabi Ibrahim AS yang menyeru umatnya supaya mereka menjauhkan diri dari berhala dan hanya menyembah kepada Allah. 

Ayah Nabi Ibrahim sendiri, kata tokoh pendiri Provinsi Banten ini, adalah pembuat dan penyembah berhala. Ketika diingatkan oleh putranya sendiri, ayah Nabi Ibrahim tetap menyembah berhala.

Karena umat dan ayahnya sendiri tetap menyembah berhala, Nabi Ibrahim kemudian menghancurkan seluruh berhala. Akibat perbuatannya itu, Raja Babilonia, Namrud memerintahkan agar Nabi Ibrahim dibakar. Ketika Nabi Ibrahim dilempar ke dalam api, ia berdoa: 

Qulna ya nauru kuuni bardan wasalaaman 'ala ibroohima.

Yang artinya: "Hai api menjadi dinginlah dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim."

Maka, terselamatkanlah Nabi Ibrahim dari api. Peristiwa pembakaran Nabi Ibrahim itu terjadi pada bulan Muharam. 

Kisah lain yang terjadi pada bulan Muharam berikutnya adalah kelahiran Nabi Isa AS yang lahir tanpa ada bapak. Hari kelahirannya juga pada bulan Muharam.

Dan, kisah yang terjadi di bulan Muharam yang paling menginspirasi adalah kisah hijrah Nabi Muhammad SAW dan sahabatnya dari Mekkah ke Madinah. Sesampainya di Madinah, Nabi kemudian membangun masjid pertama kali yaitu Madjid Quba. 

Dari sinilah, Nabi mulai membangun Kota Madinah. Semua aktivitas Nabi, mulai dari mengurus umat dan pemerintahan dilakukan dari masjid.

Terhitung hanya dalam waktu 10 tahun, Nabi berhasil menyatukan seluruh pendudukan Arab, yang sebelumnya tak pernah bersatu. 

Dari semua peristiwa tersebut terkandung hikmah bahwa perjuangan yang dilakukam dengan sungguh-sungguh, maka akan mendapatkan hasil yang baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: