Lestarikan Khasanah Islam di Bulan Muharam, PPM UPTQ UIN Banten Gelar Pawai Obor

Lestarikan Khasanah Islam di Bulan Muharam, PPM UPTQ UIN Banten Gelar Pawai Obor

Potret kegiatan PPN UPTQ UIN SMH Banten.-doc pribadi/UPTQ UIN Banten-

INFORADAR.ID - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Unit Pengembangan Tilawatil Qur'an (UPTQ) Menyelenggarakan kaderisasi tahap ke 3 yaitu Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) di Desa Kadu Engang, Kec. Cadasari, Kab. Pandeglang. 

PPM ini merupakan tahapan akhir dari  anggota muda menuju anggota penuh UKM UPTQ. Acara ini di selenggarakan pada Tanggal 13-26 Juli 2024. Yang diikuti kurang lebih 65 Peserta dan 25 Pengurus UKM UPTQ

PPM dijadikan sebagai kaderisasi akhir merupakan implementasi dari teori yang sudah didapatkan, baik di mata kuliah ataupun di organisasi sebagaimana yang ditegaskan oleh Anwar Musyawarah Wahid selaku ketua Umum UKM UPTQ.

“PPM ini bukan hanya sekedar kaderisasi dari anggota biasa menuju anggota penuh dan kemudian akan menjadi pengurus UKM UPTQ, akan tetapi PPM ini menjadi sarana belajar bagaimana cara bermasyarakat dengan baik. Belajar menganalisa dinamika masalah yang kemudian di selesaikan dengan ilmu yang sudah kita miliki. Serta menyerahkan diri bahwa secara penilaian yang murni adalah penilaian dari masyarakat,” jelasnya.

Karena itu PPM di Desa Kadu Engang Para peserta Sekaligus Panitia PPM 2024 membuat program kerja dan kegiatan yang sesuai dengan tema”Membentuk Anggota Penuh yang Adaptif, Inspiratif dan berdedikasi untuk Masyarakat”.

BACA JUGA:Akhir Kepengurusan 2023, UKM UPTQ UIN SMH Banten Gelar Kegiatan Rihlah Akhirussanah Ke Bandung

BACA JUGA:Kunjungan Mahasiswa KKN Kelompok 66 UIN Banten Bantu Produksi UMKM Kampung Landeuh, Baduy Binaan YBM PLN

Rahmat Hidayatullah, selaku ketua Pelaksana menyampaikan bahwa para panitia yang sekaligus menjadi peserta PPM ini membuat 4 divisi untuk menyerap aspirasi masyarakat. 

“Kami menyiapkan 4 divisi untuk menyerap dan mensinergikan antara mahasiswa dan masyarakat. Adapun ke-4 divisi tersebut yaitu: divisi pendidikan dan keagamaan, divisi ekonomi, divisi sosial budaya, dan divisi kesehatan,” paparnya.

Rahmat Hidayatullah juga menambahkan bahwa setiap divis memiliki program kerja unggulan. 

“Seperti Pendidikan dan keagamaan dengan program unggulan  Tadarus Bersama (TAMA) yang di laksanakan menjelang magrib dan ba'da subuh. Divisi Ekonomi; Workshop Enterpreneurhip, Divisi Sosial Budaya; Senyum Muharam. Divisi Kesehatan; Aksi Bersih,” tambahnya.

Seluruh kegiatan program kerja dari setiap divisi melibatkan masyarakat dari berbagai kalangan mulai dari anak kecil sampai dengan lansia. 

Di penghujung hari menjelang penutupan Masa PPM UKM UPTQ masyarakat memberikan wejangan bahwa ada kegiatan masyarakat yang belom terlaksana baik pada awal bergantinya tahun Hijriyah, 1 Muharram maupun pada tanggal 10 Muharram, di mana biasanya masyarakat mengadakan pawai obor sekaligus nge-bubur suro. Tutur dari salah satu warga Kadu Engang. 

BACA JUGA:Gelar Seminar Nasional, UKM UPTQ UIN Banten Hadirkan Nrasumber Handal dari Luar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: