Bersaing Nasional dengan 14 Provinsi, Mahasiswa UNIBA Raih Piala di Parade Tari Nusantara Ke-40 Wakili Banten

Bersaing Nasional dengan 14 Provinsi, Mahasiswa UNIBA Raih Piala di Parade Tari Nusantara Ke-40 Wakili Banten

Mahasiswa UNIBA Raih Piala di Parade Tari Nusantara-Adnan Faidh for inforadar.id-

INFORADAR.ID- Provinsi Banten meraih juara dalam kategori 10 Penyaji Unggulan di Parade Tari Nusantara ke-40 yang diselenggarakan pada Minggu (06/10/2024). Di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah, dengan mengusung tema “Jelajah Mantra Nusantara”.

 

Parade Tari Nusantara ini merupakan perhelatan tahunan yang diselenggarakan TMII sebagai ruang untuk pelestarian dan pelestarian budaya Indonesia.

 

Terdapat 14 provinsi di Indonesia yang ikut serta dalam perlombaan ini, diantaranya Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Banten, Kepulauan Riau, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Aceh, Jawa Barat, DKI Jakarta, Papua Barat .

 

BACA JUGA: Tak Punya Prestasi Tapi Dapat Beasiswa, Bisa? Mulai Caranya

 

BACA JUGA: Mengapa Goku Menjadi Kecil di Dragon Ball Daima? Ini Alasannya

 

Tim Tari dari Sanggar Duta Seni KS sebagai perwakilan dari Provinsi Banten sukses menampilkan tarian jenis kontemporer bernama “Tari Teluh” yang memukau para penonton dan juri yang hadir sehingga menjadikan Provinsi Banten sebagai Penyaji Unggulan.

 

Karya tari teluh ini merupakan karya tari yang menggambarkan ritual santet yang berkembang pada Masyarakat banten. Tari ini menggunakan properti boneka teluh dan tombak sebagai sarana ritual yang dilakukan untuk mencelakai sasarannya.

 

Ritual ini adalah ritual sakral dan memiliki mantra yang sangat kuat hingga bisa membunuh target yang ditujunya.

 

BACA JUGA: Tega, Babysitter Beri Anak Majikan Obat Keras agar Tak Repot Menyyuapi Maka

 

BACA JUGA: Jalankan Proyek Kemanusiaan di Desa Badui, FISIP Untirta Lakukan Kegiatan Ini

 

Adnan Faidh salah satu mahasiswa UNIBA (Universitas Bina Bangsa), juga menjadi salah satu peserta dari tim tari yang mewakili Provinsi Banten. Mengungkapkan rasa senangnya karena Banten bisa Raih Piala di Parade Tari Nusantara Ke-40 tersebut.

 

“Seneng banget karena baru pertama kali ikut acara Parade Tari Nusantara ini, jadi dapet banyak pengalaman serta teman baru khususnya temen-temen yang ikut di acara kemarin, 14 provinsi tersebut dan alhamdulillah Banten bisa raih piala tersebut.” Ujar Adnan.

 

“Selain itu juga saya bisa mengenal budaya dari daerah mereka masing-masing, juga ngeliat tarian-tarian yang mereka suguhkan itu keren banget. Tapi tentunya menari kami ga kalah keren.” Pungkasnya.

 

Dengan adanya prestasi dari tim tari Provinsi Banten dalam Parade Tari Nusantara ini semoga dapat memotivasi masyarakat Banten untuk terus melestarikan dan mengembangkan potensi budaya yang ada di Banten khususnya pada bidang seni tari.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: