3 Kreasi Ide Perlombaan 17 Agustus Untuk Membangun Kerjasama Tim, Berikut Teknis Permainannya

3 Kreasi Ide Perlombaan 17 Agustus Untuk Membangun Kerjasama Tim, Berikut Teknis Permainannya

Potret ide lomba untuk 17 Agustus.-@lomba_nasional-

INFORADAR.ID - 17 Agustus merupakan hari yangsangat  istimewa bagi masyarakat Indonesia. Pada hari ini, seluruh kalangan masyarakat Indonesia biasanya akan merayakan Hari Kemerdekaan.

Hari Kemerdekaan itu menjadi sebuah momen peringatan penting atas deklarasi kemerdekaan mereka dari penjajahan pada tahun 1945 silam.

Hari Kemerdekaan adalah simbol perjuangan, persatuan dan kebanggaan nasional dan dirayakan dengan penuh semangat di seluruh penjuru negeri.

Salah satu acara tradisional yang paling dinanti-nantikan dalam perayaan ini adalah perlombaan yang kerap kali dilakukan pada 17 Agustus atau satu hari setelahnya.

Kegiatan yang sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya ini dikenal juga dengan sebutan 'Lomba 17 Agustus', perlombaan ini merupakan bagian dari perayaan Kemerdekaan yang meliputi berbagai jenis kompetisi dan permainan tradisional.

BACA JUGA:7 Ide Lomba 17 Agustus untuk Ibu-ibu, Pasti Seru dan Lucu Nih

BACA JUGA:7 Ide Bentuk Tumpeng untuk Lomba Kreasi Tumpeng 17 Agustus, Unik dan Kreatif

Perlombaan tersebut biasanya diadakan di berbagai kecamatan, sekolah dan lingkungan, lomba-lomba ini tidak hanya menambah semarak suasana tetapi juga memperkuat hubungan sosial antar warga dan menunjukkan semangat dan persatuan Gotong Royong.

Terdapat beberapa rekomendasi perlombaan yang bisa dilakukan untuk membangun kerjasama dengan tim, sebagaimana yang dilansir dari @lomba_nasional  berikut:

1. Estapet Air Menggunakan Kepala


potret lomba estafet air menggunakan kepala.-@lomba_nasional-

Perlombaan yang satu ini bisa diikuti oleh lima tau lebih anggota atau bisa disesuaikan oleh panitia penyelenggara.

Masing-masing anggota dihariskan untuk mengikatkan aqua gelas di kepala mereka menggunakan tali sebagai media untuk memindahkan air.

Dimulai dari orang pertama yang kemudian harus memindahkan air yang ada di awua gelas miliknya menggunakan kepala mereka bagaimanapun caranya yang kemudian diteruskan hingga orang terakhir.

Pemenang akan dilihat dari kecepatan dan seberapa banyak air yang mempu dipindahkan oleh masing-masing kelompok yang nantinya akan diukur bersama hasil kelompok yang lainnya.

BACA JUGA:13 Ide Lomba 17 Agustus 2024 Kekinian dan Menarik untuk Anak-anak hingga Dewasa

BACA JUGA:Rayakan Hari Kemerdekaan dengan 6 Lomba 17 Agustus Baru yang Bikin Ngakak

2. Lempar-Tangkap Balon Air


Potret lomba lempar-tangkap balon air.-@lomba_nasional-

Perlobaan yang satu ini merupakan perlombaan tim yang bisa diikuti oleh empat orang dengan menggunakan media sarung untuk menangkap balon yang sudah diidi air.

Setiap orang diharuskan memegang masing-masing sudut sarung yang diikut sertakan dengan satu tim lainnya dengan posisi tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat dengan tim satu.

Satu tim akan melemparkan balon air tersebut menggunakan sarung yang kemudian tim lainnya menangkap balon air tersebut dan seterusnya bergantian.

Bagi tim yang gagal menangkap balon air tersebut atau pecah, maka tim dianggap gagal memenangkan pertandingan.

BACA JUGA:Ide Lomba 17 Agustus Unik, Voli Raksasa Emang Ada? Ada Dong, Yuk Simak Aturan Permainannya

BACA JUGA:Ide Lomba 17 Agustus Terbaru Berkelompok 5-7 Orang

3. Lepas Kaos Kaki dan Tahan Air


Potret Perlombaan Lepas Kaos Kaki dan Tahan Air.-@lomba_nasional-

Perlombaan yang satu ini memiliki dua tantangan sekaligus yang harus dilakukan untuk membangun kerjasama tim dengan mempertahankan air yang ada di dalam ember menggunakan kaki mereka.

Masing-masing tim berisikan empat hingga lima orang yang kemudian dalam posisi tidur sambil menggunakan kaos kaki dan ember yang  erisi air tersebut ditaruh di atas kaki mereka.

Masing-masing orang harus bergantian melepaskan kaos kakinya satu persatu hingga orang terakhir yang sekaligus harus mempertahankan ember agar tidak tumpah.

Lomba ini bisa sekaligus diikuti secara bersamaan oleh seluruh kelompok yang ada, sehingga pemenang akan dilihat dari seberapa cepat tim tersebut menyelesaikan tantangan untuk melepaskan kaos kaki dan mempertahankan ember yang berisi air tersebut.

Apabila terdapat tim yang menumpahkan air tersebut atau terlalu memakan durasai yang terlalu lama, maka tim akan dianggap gagal dan pemenang ditentukan bagi tim yang pertama kali menyelesaikan tantangan tersebut.

Itulah merupakan rekomendasi perlombaan yang bisa membangun kerja sama tim yang harus kamu aplikasin pada perayaan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang.(*)

BACA JUGA:Apa Makna dari Perlombaan 17 Agustus? Kamu Harus Tahu, Ada Refleksi Kehidupan di Balik Kegembiraan

BACA JUGA:Selain Seru, 3 Jenis Lomba 17 Agustus Ini Miliki Manfaat Bagi Kesehatan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: