Apa itu diabetes? Berikut Beberapa Tips Untuk Mencegah Diabetes Pada Orang Dewasa dan Anak-anak

Apa itu diabetes? Berikut Beberapa Tips Untuk Mencegah Diabetes Pada Orang Dewasa dan Anak-anak

Diabetes pada anak-www.pexells.com / Pavel Danilyuk-

Aktivitas fisik membantu tubuh menggunakan insulin dengan lebih efektif. Usahakan untuk berolahraga minimal 30 menit setiap hari, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang. Tidak perlu olahraga berat, yang penting konsisten.

3. Jaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan adalah salah satu faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2. Dengan menjaga berat badan ideal, kamu bisa mengurangi risiko terkena diabetes. Perhatikan asupan kalori dan pilih aktivitas yang bisa membantu membakar kalori.

BACA JUGA:Hindari Makanan yang Bisa Membuat Anak Rentan Terkena Diabetes, Catat Nih, Bu!

4. Hindari Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes dan komplikasinya. Jika kamu merokok, pertimbangkan untuk berhenti. Batasi juga konsumsi alkohol sesuai anjuran kesehatan.

5. Cek Kesehatan Secara Rutin

Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk memantau kadar gula darah dan tanda-tanda awal diabetes. Ini bisa membantu dalam deteksi dini dan pencegahan komplikasi lebih lanjut.

Selain terjadi pada orang dewasa, diabetes juga bisa terjadi pada anak-anak. Maka dari itu orang tua juga harus memantau makanan mereka. 

Berikut beberapa makanan yang harus di kurangi untuk mencegah diabetes pada Anak :

1. Camilan Manis Berlebihan

Camilan manis seperti permen, cokelat, dan kue-kue manis sering jadi favorit anak. Tapi, terlalu sering mengonsumsinya bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang berujung pada risiko diabetes. Gula sederhana dalam camilan ini cepat diserap tubuh dan bisa memicu resistensi insulin.

2. Minuman Manis dan Soda

Minuman bersoda dan minuman manis lainnya bukan hanya enak tapi juga penuh gula. Mereka bisa membuat anak lebih rentan terhadap obesitas dan diabetes tipe 2. Sebaiknya, perbanyak air putih dan jus buah segar tanpa tambahan gula.

BACA JUGA:Orang Tua Perlu Waspada, Begini Tanda Diabetes Pada Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: