Apa itu diabetes? Berikut Beberapa Tips Untuk Mencegah Diabetes Pada Orang Dewasa dan Anak-anak

Apa itu diabetes? Berikut Beberapa Tips Untuk Mencegah Diabetes Pada Orang Dewasa dan Anak-anak

Diabetes pada anak-www.pexells.com / Pavel Danilyuk-

INFORADAR.ID - Diabetes adalah salah satu penyakit yang sering kita dengar dan banyak dialami oleh masyarakat Indonesia.

Namun, tahukah kamu bahwa diabetes sebenarnya bisa dicegah? Nah, kali ini kita akan membahas cara-cara sederhana yang bisa kita lakukan sehari-hari untuk mencegah diabetes yang di kutip dari sumber-sumber terpercaya seperti Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan. Yuk, simak!

Diabetes adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin secara efektif.

Insulin adalah hormon yang membantu mengatur kadar gula darah. Ada dua jenis utama diabetes:

1. Diabetes Tipe 1: Tubuh tidak bisa memproduksi insulin.

2. Diabetes Tipe 2: Tubuh tidak menggunakan insulin dengan baik, sering kali disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat.

BACA JUGA:Cara Mengobati Gula Darah Rendah: 4 Trik Ini yang Harus Diketahui Setiap Penderita Diabetes, Cek Penyebabnya

Gejala Diabetes

Dikutip dari website dinas kesehatan DKI Jakarta, Gejala diabetes dapat bervariasi tergantung pada tipe diabetes dan sejauh mana kondisinya telah berkembang. Beberapa gejala umum diabetes yaitu : sering merasa haus,cepat merasa lapar dan sering buang air kecil.

Selain itu, ada pula gejala tambahan lainnya seperti mudah mengantuk,berat badan menurun cepat tanpa ada penyebab yang jelas,hingga penglihatan yang kabur. 

Cara Mencegah Diabetes

1. Makan Makanan Sehat

Pilih makanan yang rendah gula dan lemak jenuh. Perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein sehat seperti ikan dan kacang-kacangan. Kurangi makanan olahan dan tinggi gula. Cobalah untuk membuat pola makan seimbang dengan porsi yang tepat.

2. Rutin Berolahraga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: