Perkuat BLK Komunitas, Fakultas Dakwah UIN SMH Banten Bangun Kolaborasi dengan BBPKK Bandung Barat Kemnaker RI

Perkuat BLK Komunitas, Fakultas Dakwah UIN SMH Banten Bangun Kolaborasi dengan BBPKK Bandung Barat Kemnaker RI

Foto bersama antara UIN SMH Banten dan BBPKK Bandung Barat Kemnaker RI -Media Fakultas Dakwah UIN SMH Banten-

INFORADAR.ID - Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan Balai Besar Perluasan Kesempatan Kerja Bandung Barat Kementerian Ketenagakerjaan RI berkolaborasi mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bertema Pendampingan Penguatan Kelembagaan dan Pendaftaran Sipensi bagi Balai Latihan Kerja Komunitas Menjadi Inkubator Wirausaha Wilayah 1 Tahun 2024.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, mulai 17 hingga 19 Juli 2024 di Hotel Aston Serang, diikuti oleh 36 Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) dari sembilan provinsi yakni Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

Dekan Fakultas Dakwah Dr. H. Endad Musaddad dalam sambutannya menegaskan, BLKK harus berperan tidak hanya sebagai pusat pelatihan keahlian tetapi juga sebagai inkubator wirausaha. "BLK Komunitas harus menjadi tempat yang mampu mendorong wirausaha masyarakat secara efektif," ungkapnya.

BACA JUGA:Fakultas Dakwah Kirim Tiga Dosen dan Tiga Mahasiswa Visiting Lecturer dan Student Mobility ke Thailand

Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Prof. Dr. KH. Wawan Wahyuddin, yang membuka acara ini, menekankan pentingnya empat aspek utama dalam BLK Komunitas sebagai inkubator wirausaha yakni shidiq, peningkatan pengetahuan, kesehatan, dan kerja keras.

"Peningkatan kualitas keimanan dan integritas kelembagaan BLKK sangat penting. Pengetahuan juga harus terus diperbarui dan ditingkatkan melalui pendidikan dan pelatihan yang berkelanjutan. Kesehatan fisik dan mental sangat penting untuk mendukung kerja keras dalam mencapai tujuan," jelas Rektor.

Dr. Masykur. selaku ketua pendampingan berharap BLKK dapat berperan lebih optimal dalam melakukan inkubasi wirausaha dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Fakultas Dakwah juga menjalin kerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten dalam pendaftaran akun Sipensi, dengan harapan BLKK mendapatkan legalitas sebagai inkubator wirausaha.

Widi Wijanarko perwakilan dari Balai Besar Perluasan Kesempatan Kerja Bandung Barat yang turut hadir dalam kegiatan FGD, mengapresiasi semangat BLKK untuk terus naik kelas. "Kami berharap setelah kegiatan ini, BLKK dapat menjalin kerjasama yang lebih luas dengan kementerian lainnya, OPD setempat, serta perusahaan BUMN dan swasta," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:Terbaru, HMJ KPI UIN Banten Launching Podcast JAWARA Talk Berkolaborasi Bersama Fakultas Dakwah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: