Ramai Video Vilmei Dengan Rumsyah Baduy, Apa Bedanya Orang Baduy Luar dan Baduy Dalam

Ramai Video Vilmei Dengan Rumsyah Baduy, Apa Bedanya Orang Baduy Luar dan Baduy Dalam

Vilmei foto bersama warga Baduy Luar--Instagram @vilmei

INFORADAR.ID – Nama Baduy ramai setelah viralnya TikToker Vilmei yang berkunjung ke Baduy bertemu dengan Rumsyah.

Ramainya video TikTok Vilmei dengan Rumsyah Baduy banyak dari netizen yang belum mengetahui perbedaan Baduy Dalam dan Baduy Luar.

Sebagian masyarakat menganggap masyarakt Baduy memiliki peraturan ketat. Padahal Baduy memiliki dua bagian yakni Baduy Dalam dan Baduy Luar.

BACA JUGA:Kisah Kontroversial Rumsyah Gadis Baduy, Antara Pujian dan Kritik di Dunia Maya

BACA JUGA:Cek Khodam Online Viral Sebagai Hiburan, Begini Cara Mainnya

Rumsyah sendiri adalah masyarakat Baduy Luar. Baduy Dalam memiliki aturan yang lebih ketat, sehingga tidak boleh membawa elektronik. Sementara Baduy Luar diperbolehkan.

Lalu apa aja ciri Baduy Luar? Melansir dari dari gramedia.com berikut ini 4 perbedaan Baduy Dalam dan Baduy luar.

1. Warna Pakaian

Orang luar yang belum mengenal mereka mungkin tidak akan dapat menemukan perbedaan mencolok antara kedua kelompok tersebut. Faktanya, kedua wilayah ini memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan pertama dan paling mencolok terlihat pada warna pakaian mereka.

Di Baduy Luar , orang biasanya memakai pakaian berwarna hitam atau biru tua. Sementara di Baduy Dalam lebih memilih pakaian putih.

BACA JUGA:Kim Woo Bin Membeli Gedung Lama BigHit, ARMY Khawatir

BACA JUGA:Tidak Semua Sambal Identik dengan Cabe, di Kabupaten Lebak ada Sambel Peupeuh Terbuat Rempah Tapi Tetap Pedas

2. Arti warna pakaian

Perbedaan warna pakaian tersebut sebenarnya juga memiliki arti tersendiri. Paling sering, pakaian Baduy Lur berwarna hitam atau biru, yang berarti kesederhanaan.

Pakaian putih penduduk Baduy Dalam tidak hanya melambangkan kesucian, tetapi juga bahwa penduduk Baduy Dalam yang masih berpegang teguh pada adat istiadat nenek moyangnya dan menolak kehadiran teknologi dalam kehidupan sehari-hari, sangat tertutup dan mengandalkan alam dalam hidup mereka.

3. Keterbukaan Terhadap Budaya Luar

Dibandingkan dengan orang Baduy Dalam, orang Baduy Luar sudah lebih tebuka dengan budaya luar.  Mereka mulai mandi menggunakan sabun, dan menggunakan barang elektonik.

Selain itu orang Baduy Luar juga bisa menggunakan transportasi modern, berbeda dengan Baduy Dalam mereka berjalan tanpa alas kaki.

Baduy Luar diperbolehkan mengenakan pakaian modern, seperti yang kamu lihat di video TikTok Vilmei dengan Sarti, namun tetap harus sesuai aturan Baduy jika ingin mengenakan pakaian modern yakni tetap menggunakan rok dan baju lengan panjang yang terlihat sopan.

“Boleh aja sih, gak boleh celana panjang, terus rok doang, bajunya jangan yang terlalu pendek, yang panjang-panjang aja,” kata Sarti.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Villa Paling Romantis di Anyer: Cocok untuk Acara Kumpul Bareng Keluarga

BACA JUGA:Mau Berkunjung ke Baduy? Ini 6 Aturan Unik yang Harus Kamu Patuhi

4. Letaknya

Orang Baduy Luar tinggal di lima puluh kampung yang tersebar di berbagai wlayah kaki Gunung Kendeng. Sedangkan orang Baduy Dalam tinggal di tiga kampung dan dipimpin oleh ketua adat yang dikenal dengan sebutan pu’un. Kampung-kampung tersebut adalah Kampung aCikeusik, Cikertawana, dan Cibeo yang terpisah dari kampung Baduy Luar.

Jadi itulah beberapa ciri dan perbedaan orang Baduy Dalam dan Baduy Luar.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: