Tidak Semua Sambal Identik dengan Cabe, di Kabupaten Lebak ada Sambel Peupeuh Terbuat Rempah Tapi Tetap Pedas

Tidak Semua Sambal Identik dengan Cabe, di Kabupaten Lebak ada Sambel Peupeuh Terbuat Rempah Tapi Tetap Pedas

Sambel Peupeuh khas Kabupaten Lebak--Tangkap Layar Youtube/Hermawan Naga

INFORADAR.ID – Sambal, yang sering kali dikaitkan dengan cabe, ternyata tidak selalu menggunakan bahan utama ini. Di Kabupaten Lebak, ada jenis Sambal yang unik dan menarik perhatian, yaitu Sambel Peupeuh.

Sambel peupeuh di Kabupaten Lebak ini terbuat dari rempah-rempah yang khas, namun tetap mampu memberikan rasa pedas yang menggigit.

Dengan menggunakan rempah sebagai bahan utamanya, sambel peupeuh di Kabupaten Lebak ini memberikan pengalaman rasa yang berbeda dari sambal-sambal pada umumnya.

BACA JUGA:Menjadi Makanan Khas Lebak, Ternyata Kotok Bongkok yang Terbuat dari Kluwek Miliki Manfaat untuk Kesehatan

BACA JUGA:Tips Parenting: Panduan Membesarkan Anak Perempuan Tanpa Keterlibatan Ayah

Dilansir dari Instagram @budayaainggeh, di Kabupaten Lebak, sambel peupeuh menjadi hidangan wajib bagi perempuan pasca melahirkan.

Sambel peupeuh diyakini dapat memulihkan kondisi perempuan pasca melahirkan. Masyarakat Banten percaya, akibat melahirkan, syaraf-syaraf bisa peugat (putus), seluruh fungsi tubuh menurun.

Peupeuh sendiri artinya adalah tumbuk. Cara membuat sambel peupeuh memang ditumbuk menggunakan lulumpang dan halu.

Lulumpang dan halu merupakan sepasang alat penumbuk yang dibuat dari kayu, bukan dari batu. Sambel peupeuh harus menggunakan alat tumbuk kayu.

BACA JUGA:Eksplorasi Keindahan Gunung Kendeng Citorek Lebak, Banten: Nikmati Keindahan Negeri di Atas Awan

BACA JUGA:Apa Itu Mayam? Mahar Pernikahan yang Diberikan Rizki Natakusumah untuk Beby Tsabina

Sebab kalau batu, akan merusak tekstur bahan-bahan. Pada satu kampong, biasanya ada rumah yang menyimpan halu dan tutu. Umumnya warisan para nenek moyang. 

Meskipun tidak memakai cabe, sambel peupeuh tetap berasa pedas. Rasa pedas diperoleh dari jahe. Bahan baku sambel peupeuh terdiri dari jahe, kunyit, kencur, kunci, terong luweuh (terong hutan), terasi, garam, dan gula.

Rempah-rempah tersebut dapat membantu pemulihan kondisi tubuh untuk wanita pasca melahirkan, karena kekurangan banyak darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: