Menuju Hari Raya Idul Adha, Sidang Isbat Penetapan 1 Dzulhijjah 1445 H Akan Digelar 7 Juni 2024

Menuju Hari Raya Idul Adha, Sidang Isbat Penetapan 1 Dzulhijjah 1445 H Akan Digelar 7 Juni 2024

Ilustrasi : Agenda Sidang Isbat penetapan 1 Dzulhijjah 1445 H-@bimasislam-Instagram

INFORADAR.ID – Menuju Hari Raya Idul Adha yang selalu dinantikan umat Muslim, Sidang Isbat 1 Dzulhijjah 1445 H telah dijadwalkan akan digelar pada tanggal 7 Juni 2024. 

Sidang Isbat ini menjadi langkah awal dalam menentukan awal bulan Dzulhijjah, bulan di mana umat Islam memasuki momen penting, yaitu pelaksanaan ibadah haji dan hari raya Idul Adha. 

Dalam sidang Isbat, pihak otoritas keagamaan akan melakukan penelitian dan pengamatan terhadap hilal untuk menetapkan tanggal awal bulan Dzulhijjah.

Sidang Isbat 1 Dzulhijjah 1445 H memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan tanggal-tanggal penting dalam agama Islam, terutama terkait dengan ibadah haji dan pelaksanaan kurban

BACA JUGA:Idul Adha Identik Makanan Berkuah dan Bersantan, Yuk Coba Resep Kalio Daging

BACA JUGA:3 Ide Konten Kreatif di Tiktok, Strategi Jitu untuk Maksimalkan Penjualan

Hasil dari sidang Isbat ini akan menjadi acuan bagi umat Muslim dalam menentukan waktu pelaksanaan ibadah serta perayaan Idul Adha. 

Sehingga, setiap tahunnya, Sidang Isbat ini dinanti-nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia sebagai penentu awal bulan Dzulhijjah.

Oleh karena itu, penting bagi umat Muslim untuk mengikuti perkembangan terkini terkait dengan sidang ini, sehingga mereka dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menyambut hari raya Idul Adha dengan penuh kekhidmatan dan kegembiraan.

Dilansir dari Instagram @bimasislam pada Rabu, 29 Mei 2024, Kementrian Agama (kemenag) akan menggelar Sidang Isbat awal Dzulhijjah 1445 H pada 7 Juni 2024.

BACA JUGA:Bingung Daging Kurban Mau Dimasak Apa? Yuk Coba Resep Iga Bakar Kecap untuk Menu Idul Adha 2024

BACA JUGA:Penting! Wanita Usia 35 Tahun Harus Mulai Kurangi Makan Ini, Simak Alasannya

Sidang Isbat penentuan awal bulan Dzulhijjah 1445 H ini akan digelar oleh kemenag di Auditorium Kemenag, Jl. Mh. Thamrin, Jakarta.

Sidang Isbat penentuan 1 Dzulhijjah 1445 H ini mengundang komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan Ormas Islam, serta tim Hisab Rukyat Kemenag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: