3 Parenting ini Bisa Dilakukan Agar Anak Mau Menurut Orang Tua

3 Parenting ini Bisa Dilakukan Agar Anak Mau Menurut Orang Tua

-El Paso Center for Children-

INFORADAR.ID- Dalam menjadi orang tua, kita harus bisa bertanggung jawab atas tumbuh kembang anak. Tumbuh kembang yang baik, harus dibarengi dengan tindakan parenting yang baik pula. 

Tindakan anak yang seringkali acuh mengabaikan orangtua merupakan tindakan yang buruk. Dalam hal ini, orangtua jangan selalu menyalahkan sang anak. Perilaku seperti itu bisa saja terjadi karena parenting yang salah sehingga membuat anak menjadi acuh terhadap orangtuanya.

Terkadang parenting yang buruk seperti terlalu banyaknya orang tua memberikan komunikasi yang terlalu over, menyebabkan anak menjadi tidak nyaman dan bukannya malah mendengarkan melainkan anak menjadi tidak nyaman. 

Berbicara pada anak satu dua poin menjadi lebih efektif ketimbang terlalu over ketika memberikan arahan atau nasehat. 

Selain itu, orang tua tidak kenal kondisi ketika sedang memberikan wejangan pada anak. Sehingga dalam hal ini anak lebih cenderung fokus pada hal yang sedang si kerjakan dan tidak mendengarkan apa yang dikatakan orang tua.

Jika anak anda bersikap demikian, cobalah lakukan komunikasi yang efektif pada anak dan coba cari tahu masalah apa yang sedang dialami oleh anak. Ketika sudah mengetahui masalahnya, kemudian orang tua harus mencari jalan keluar yang tepat.

Berikut ini adalah cara yang tepat untuk membuat anak lebih mendengarkan orang tua. 

Gunakan bahasa yang mudah dimengerti anak 

Penggunaan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak menjadi salah satu alternatif untuk membuat anak mau mendengarkan kita. Selain itu, penggunaan bahasa yang mudah dimengerti akan lebih efisien dalam memberikan arahan.

 

Menjadi contoh yang baik bagi anak

Anak-anak pada dasarnya suka mencotoh hal-hal yang dia lihat, oleh karena itu sebagai orang tua kita harus memberikan contoh perilaku yang baik. Berikan contoh menghargai lawan bicara ketika sedang berbicara adalah hal yang efektif dalam membuat anak menjadi patuh kepada orangtua.

 

Pastikan anak siap untuk mendengarkan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: