Larangan Berbuka Puasa dengan Makan Gorengan dan Minum Manis Terlalu Banyak, Begini Kata Dokter

Larangan Berbuka Puasa dengan Makan Gorengan dan Minum Manis Terlalu Banyak, Begini Kata Dokter

Mengonsumsi gorengan dan minuman manis yang berlebih saat berbuka puasa dapat menimbulkan penyakit radang dan pencernaan.-Sumber freepik.com creativaimage-

INFORADAR.ID - Menu sakral yang dihidangkan saat berbuka yaitu gorengan dengan saus sambal dan didampingi oleh es segar yang manis sehingga merasa lebih segar dan dahaga hilang. Tau ga sih ternyata berbuka dengan memakan gorengan dan minum es yang manis bisa menimbulkan penyakit.

Larangan berbuka dengan gorengan dan minum manis karena memiliki kadar lemak dan kandungan gula yang berlebih yang bisa memicu penyakit pencernaan.

Pemilihan takjil yang baik dan sehat bisa meningkatkan stamina dan vitamin dalam tubuh. Tidak hanya memikirkan enak saat di makan saja karena sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Menurut dr. Saddam Ismail dalam channel nya di YouTube mengatakan bahwa berbuka dengan makanan yang mengandung minyak, lemak dan pedas berlebih harus dihindarkan terlebih minuman manis yang sering dikonsumsi saat buka puasa

"Menu makan saat berbuka puasa harus sehat tidak hanya enak dimulut saja, karena saat berbuka puasa sangat memegang peranan penting dalam kesehatan tubuh, makanan yang manis dan berlemak jangan sampai kita turuti saat berbuka." Jelasnya.

Menurutnya, memakan takjil saat buka puasa sangat dianjurkan dalam kesehatan, selain mudah dicerna namun harus memikirkan kandungan takjil tersebut, seperti mengonsumsi kurma, kolak pisang tanpa santan dan puding dengan cukup.

BACA JUGA:Mudik Lebaran 2024: Cara Berobat Pakai BPJS Kesehatan di Luar Kota

"Kalau berbuka dengan takjil yang terlalu banyak, terlalu manis dan berlebihan ini ga bagus untuk pencernaan. Jadi harus dirubah dari takjil yang tidak sehat ke takjil yang sehat" Katanya.

Di dalam chanel youtobe nya, ia juga menjelaskan tips and trik yang harus dilakukan saat berpuasa, yaitu dengan cara langsung memakan makanan berat, minum air putih 1-2 gelas saat berbuka, pemilihan takjil yang sehat dan makan makanan dengan gizi sehat dan seimbang.

"Hindari makanan berat, makanan terlalu pedas, makanan yang digoreng terus-terusan, makanan terlalu asin dan makanan yang mengandung gula tambahan, makan yang mengandung pengawet dan makanan kemasan agar tubuh tetap sehat saat berpuasa" Tutupnya.

Mengonsumsi gorengan dan minuman manis yang berlebih dapat menumbulkan penyakit radang tenggorokan bahkan masalah pencernaan.

Pemilihan takjil yang sehat dan memiliki gizi seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan terlebih dalam pencernaan.

Jangan sampai saat berbuka kita terlarut dalam keinginan maupun emosi untuk mengonsumsi makanan yang berlebihan dan tidak sehat. (*)

BACA JUGA:Ragam Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan Fisik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: