Stop Kebiasaan Tidur Setelah Santap Sahur, Ini Dampak Buruknya Bagi Kesehatan

Stop Kebiasaan Tidur Setelah Santap Sahur, Ini Dampak Buruknya Bagi Kesehatan

Ilustrasi tidur setelah sahur-Istock-

INFORADAR.ID - Setelah santap sahur orang biasanya langsung melanjutkan tidur karena masih mengantuk.

Namun tahukah kamu, tidur setelah makan sahur sangat tidak dianjurkan karena dampak buruk bagi kesehatan. 

Berikut ini dampak buruk dari tidur setelah santap sahur: 

1. Lemas

Tidur setelah santap sahur ternyata dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas. Hal ini dikarenakan, tidur lama terlalu lama dapat menurunkan kualitas tidur. Kondisi karena lambung masih membutuhkan aktifitas ekstra untuk mencerna makanan. 

2. Sembelit

Dampak buruk setelah makan sahur adalah terjadinya gangguan pencernaan dan magh. Makanan yang banyak masuk ke dalam perut akan dapat menjadi gas dan membuat rasa yang tidak nyaman. Kondisi ini juga dapat menyebabkan resiko sembelit. 

3. Resiko Terkena Stroke

Tidur setelah makan sahur juga dapat menimbulkan resiko terkena stroke. Sebab, setelah makan akan terjadi perubahan kadar kolesterol, gula darah dan tekanan darah yang mungkin dapat berdampak pada peningkatan resiko terkena stroke.

4. GERD

Dampak buruk lain dari tidur setelah makan atau santap sahur adalah Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD. Hal ini dikarenakan tidur setelah santap sahur dapat berpotensi naiknya asam lambung ke esofagus (refluks) dan akan mengalami gangguan pencernaan.

Gejala yang ditimbulkan saat mengalami GERD adalah tenggorokan terasa panas akibat asam lambung dan sisa makanan yang masih belum tercerna dengan baik. Untuk kamu ketahui, lambung membutuhkan waktu selama dua jam untuk mencerna makanan. 

5. Serangan Jantung

Hal terburuk dari tidur setelah santap sahur adalah dapat menyebabkan serangan jantung. Saat kita sahur dengan memakan makanan berat dan langsung tidur kurang dari dua jam akan mudah mengalami peningkatan tekanan darah sepanjang malam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: