Agar Tetap Sehat Saat Berpuasa, Makanan dan Minuman Ini Wajib Dihindari Saat Sahur

Agar Tetap Sehat Saat Berpuasa, Makanan dan Minuman Ini Wajib Dihindari Saat Sahur

Ilustrasi santap sahur -iStock-

INFORADAR.ID - Sahur merupakan salah satu sunah yang sangat dianjurkan. Sebab, dalam sahur terdapat keberkahan. 

Berkah dalam sahur tersebut terdapat hadits dalam riwayat Anas bin Malik. Dijelaskan dalam hadist ini Rasulullah SAW pernah bersabda: “Sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur terdapat barakah.”

Agar mendapat berkah tersebut, penting juga bagi kita untuk memperhatikan menu sahur yang agar tidak timbul masalah kesehatan. Berikut ini adalah makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur. 

1. Makanan Terlalu Pedas

Makanan terlalu pedas tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sahur. Untuk diketahui makanan pedas dapat memicu rasa haus yang terus menerus. 

Selain itu, makanan pedas juga tidak baik bagi penderita maag. Sebab, makanan pedas dapat menimbulkan asam lambung dan dapat menyebabkan nyeri perut pada bagian atas. 

BACA JUGA:4 Resep Menu Sahur, Super Simpel dan Dijamin Bikin Nagih

2. Makanan Tinggi Lemak

Menu sahur yang wajib dihindari saat sahur adalah makanan tinggi lemak. Sebab, makanan tinggi lemak dapat berpengaruh pada pencernaan.

Terdapat dua masalah yang dapat ditimbulkan dari makanan tinggi lemak. Pertama, makanan tinggi lemak dapat menghambat dan memperlambatnya proses pengosongan perut, sehingga akan memperburuk gejala sembelit. 

Kedua, dapat mempercepat kinerja sistem pencernaan yang justru menyebabkan diare. 

3. Makanan Terlalu Asin

Makanan terlalu asin juga wajib dihindari saat santap sahur. Sebab, rasa asin dapat menstimulasi rasa haus. Selain itu rasa asin dapat menyebabkan hipertensi.

Beberapa makanan yang punya rasa asin asalah kacang yang diasinkan, acar, makanan kaleng, keripik punya rasa asin, ikan asin, dan lain-lain.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: