Arti Ular Syajaul Aqra dalam Poster Film Siksa Kubur, Salah Satu Siksa Kubur Mengerikan

Arti Ular Syajaul Aqra dalam Poster Film Siksa Kubur, Salah Satu Siksa Kubur Mengerikan

Arti Ular Syajaul Aqra Dalam Poster Film Siksa Kubur, Salah Satu Siksa Kubur Mengerikan--instagram @jokoanwar

INFORADAR.ID- Sutradara Joko Anwar merilis poster film Siksa Kubur. Di mana pada poster tersebut terlihat sebuah ular bernama Syuja'ul Ara diantara mayat.

Apa arti ular Syujaul Aqra yang ada di poster film Siksa Kubur?

Umat Islam percaya setelah kematian akan ada kehidupan abadi yang menanti, yakni kehidupan alam kubur dan akhirat. Berada dalam alam kubur manusia akan mendapatkan hukum yang diperbuat semasa di dunia, salah satunya ditemani ular Syajual Ara.

Dalam hadist shahih dijelaskan ia terjuwud fari harta yang tidak disucikan dengan zakat. Setiap harta yang digelapkan kelak akan menjadi siksa kubur berwujud ular penuh bisa. 

Dalam menjalankan tugasnya, Syajaul Aqra tidak segan-segan menyiksa mereka yang dengan sengaja tidak membayar zakat.

Dia dikenal memiliki begitu banyak racun sehingga kulit kepalanya akan rontok untuk menampung racun-racun mereka.

BACA JUGA:Tayang di Bioskop Saat Lebaran, Apa Bedanya Film Siksa Kubur dan Siksa Neraka?

Syajaul Aqra kemudian mendatangi orang-orang tersebut dan disuruh untuk mengambil harta yang ada di dalam mulut ular tersebut.

"Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa diberi harta oleh Allah, lalu dia tidak menunaikan (kewajiban) zakatnya, pada hari kiamat hartanya dijadikan untuknya menjadi seekor ular jantan aqra (yang kulit kepalanya rontok karena dikepalanya terkumpul banyak racun), yang berbusa dua sudut mulutnya. Ular itu dikalungkan (di lehernya) pada hari kiamat. Ular itu memegang (atau menggigit tangan pemilik harta yang tidak berzakat tersebut) dengan kedua sudut mulutnya, lalu ular itu berkata, 'Saya adalah hartamu, saya adalah simpananmu. Kemudian beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam membaca (firman Allah ta'ala, QS. Ali Imran: 180): 'Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil menyangka...dst." (HR. Bukhari II/508 no. 1338)

Dalam riwayat shahih Muslim disebutkan Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda yang artinya:

"Tidaklah pemilik harta simpanan yang tidak melakukan haknya padanya (maksudnya tidak mengeluarkan zakatnya), kecuali harta simpanannya akan datang pada hari kiamat sebagai seekor ular jantan aqra yang akan mengikutinya dengan membuka mulutnya. Jika ular itu mendatanginya, pemilik harta simpanan itu lari darinya. Lalu ular itu memanggilnya, "Ambillah harta simpananmu yang telah engkau sembunyikan! Aku tidak membutuhkannya." Maka ketika pemilik harta itu melihat, bahwa dia tidak dapat menghindar darinya, dia memasukkan tangannya ke dalam mulut ular tersebut. Maka ular itu memakannya sebagaimana binatang jantan memakan makanannya." (HR. Muslim II/684 no. 988).

Penjelasan hadits diatas sudah cukup jelas bahwa Syajaul Aqra bukanlah ular yang menyiksa orang yang lalai dalam meninggalkan Shalat, akan tetapi Syajaul Aqra adalah seekor ular yang akan menyiksa orang-orang yang enggan mengeluarkan zakat.

Wallahualam Bissawab.(*)

BACA JUGA:Jadwal Tayang Kung Fu Panda 4, Petualangan Po Menghadapi Musuh Baru Saat Mencari The Next Dragon Warrior

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: spiritmuslim.co.id