Bakal Relokasi ke Pasar Kepandean, Pedagang Royal dan Kantin Minta Jaminan Kemanan

Bakal Relokasi ke Pasar Kepandean, Pedagang Royal dan Kantin Minta Jaminan Kemanan

DinkopUKMPerindag Kota Serang saat melakukan audiensi dengan para pedagang Royal dan Kantin--RADARBANTEN.CO.ID/ Nahrul Muhilmi

INFORADAR.ID - Ratusan pedangang yang berada di Jalan SA Tirtayasa Royal dan Jalan Juhdi akan lakukan relokasi ke Pasar Kepandean.

Pemerintah Kota Serang, melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DinkopUKM) Kota Serang, berencana merelokasi pedagang kaki lima (PKL) pada bulan September 2024 nanti.

Meskipun banyak pedagang yang setuju untuk pindah atau relokasi, namun mereka meminta Pemerintah Kota Serang untuk memastikan jaminan keamanan di Pasar Kepandean.

Budi, salah satu pedagang di Jalan Juhdi Kantin Kota Serang, mengatakan bahwa ia setuju jika Pemerintah ingin merelokasi pedagang ke Pasar Kepandean.

Namun, langkah ini menyebabkan para pedagang meminta syarat, seperti modal usaha dam jaminan keamanan.

"Kalau memang ada solusinya yang baik, kami siap untuk pindah. Kami juga minta bantuan modal untuk merintas kembali usaha kami di sana (Kepandean). Kami juga minta jaminan keamanan, karena di sana terkenal rawannya," ucapnya dikutip RADARBANTEN.CO.ID, Jumat 1 Maret 2024.

BACA JUGA : Awas, BPOM Serang Temukan 61 Pangan Makanan Mengandung Kimia Berbahaya

Ia mengatakan, Pasar Kepandean terkenal dengan prostitusi, premanisme dan pelanggaran lainnya.

Oleh karena itu, para pedagang meminta Pemerintah Kota Serang untuk memastikan kenyamanan, keamanan, dan jaminan bagi para pengunjung.

"Di kepandean itu kan dikenal dengan prostitusi dan kerawanan (Tindak Kejahatan). Saya pun sudah lama tinggal di sini," katanya.

Menurutnya, pendagang dapat menerima tawaran ini jika Pemerintah Kota Serang bisa menjamin beberapa keluhan dan membantu mempromosikan produk ke masyarakat luas.

Hal ini karena setiap perubahan dalam penjualan secara otomatis mengurangi pelanggan dan omset penjualan, bahkan bisa sampai berbulan-bulan lamanya.

"Namanya kan merintis, dan minimal itu untuk dapat banyak pelanggan bisa sampai satu tahun. Kami sampaikan keluhan ini kepada pak Kadis, dan katanya mereka siap membantu kami. Karena royal ini sudah dikenal sebagai pasar malam, pusat jual baju," ujarnya.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil audiensi antara pedagang dan Pemkot Serang, yang akan lebih dulu dipindahkan adalah pedagang di Royal dan Kantin.

Pedagang yang direlokasi tersebut seperti pedagang baju, sepatu, celana jeans, hingga kuliner.

Dan sisanya, seperti yang ada di jalan Diponegoro akan direlokasi setelahnya.(*)

BACA JUGA : Cek Harga Beras di Pasar Rau Kota Serang yang Sudah Turun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: