Punya Pola Pikir yang Terlalu Kolot? Ubah Cara Berpikir Anda Segera Mungkin

Punya Pola Pikir yang Terlalu Kolot? Ubah Cara Berpikir Anda Segera Mungkin

Ilustrasi langkah-langkah agar bisa meninggalkan pemikiran yang kolot.-@freepik-

3. Hindari Merangkap Banyak Tugas

Penelitian menunjukkan bahwa otak tidak dapat beralih di antara tugas-tugas secara efisien. Penelitian juga menunjukkan bahwa multitasking membuat Anda lebih sulit untuk mengingat apa yang telah Anda pelajari. Singkatnya, jika Anda ingin mempelajari sesuatu, jangan lakukan sambil multitasking.

BACA JUGA:Tips Puasa Media Sosial untuk Menenangkan Pikiran dan Menjaga Kesehatan Mental

4. Pelajari Hal Baru

Mempelajari sesuatu yang baru, seperti belajar bahasa, memainkan alat musik, atau memperluas kosakata, akan membuat otak Anda tetap sibuk.

Jika Anda melakukan hal yang sama setiap hari, otak Anda tidak akan mendapatkan stimulasi yang dibutuhkan untuk berkembang, jadi cobalah untuk memperkenalkan hal-hal baru secara teratur.

Misalnya, gosok gigi dengan tangan yang tidak dominan dengan tangan kiri jika Anda tidak kidal atau membaca buku dengan posisi terbalik selama 10 menit.

5. Bnagunlah Rutinitas yang Positif

Jika Anda ingin sebuah memori melekat di otak Anda, ucapkan dengan lantang saat melakukan aktivitas yang berhubungan dengan memori tersebut.

Ucapkan namanya lagi saat berjabat tangan dengan seseorang yang baru saja Anda temui dengan menyapanya dan akhiri percakapan dengan 

6. Tidak Membebani Otak 

Otak hanya dapat memproses sejumlah informasi dalam jumlah terbatas pada satu waktu. Untuk menggunakan memori Anda seefektif mungkin, prioritaskan apa yang ingin Anda ingat dan ingatlah informasi yang paling penting terlebih dahulu. 

Penting untuk memberi diri Anda waktu dan ruang untuk mengingat berbagai hal dengan benar. Kita sering kali membutuhkan waktu untuk memproses informasi sebelum dapat menggunakannya dengan benar.

7. Jangan Menyerah

Otak Anda mungkin akan melambat seiring bertambahnya usia, tetapi masih mungkin untuk mempelajari hal-hal baru dan meningkatkan fungsi otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: