Tips Puasa Media Sosial untuk Menenangkan Pikiran dan Menjaga Kesehatan Mental

Tips Puasa Media Sosial untuk Menenangkan Pikiran dan Menjaga Kesehatan Mental

Ilustrasi seseorang yang puasa dari media sosial --sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID - Puasa media sosial adalah tidak menggunakan platform media sosial untuk jangka waktu tertentu.

Umumnya, puasa media sosial melibatkan penghentian atau pembatasan penggunaan situs dan aplikasi media sosial secara signifikan seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Tujuan utama dari postingan media sosial bervariasi.

Puasa media sosial dapat menjadi tempat untuk refleksi, relaksasi, dan pertumbuhan pribadi. Penting untuk menyesuaikan pendekatan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi individu.

Di bawah ini adalah beberapa tips untuk melakukan posting media sosial

1. Niat.

Niat adalah dasar yang sangat penting dari setiap tindakan atau perilaku. Nilai dari suatu tindakan sangat bergantung pada niat dan jika niatnya baik, maka tindakannya juga akan baik.

2. Tetapkan batas waktu

Saat menggunakan media sosial, batas waktu sangat penting. Anda bisa mengatur alarm atau memasang aplikasi untuk memantau waktu yang Anda habiskan di media sosial.

BACA JUGA:Tips Menggunakan Media Sosial dengan Lebih Bijak dan Bertanggung Jawab

3. Matikan notifikasi

Pilih aplikasi yang notifikasinya ingin Anda matikan. Dengan mematikan notifikasi, Anda dapat menahan diri dari rasa penasaran terhadap media sosial.

4. Melakukan aktivitas lain

Tujuannya adalah untuk mengurangi intensitas berselancar di dunia maya dengan melakukan aktivitas lain. Semakin banyak Anda melakukan hal lain, semakin sedikit waktu yang Anda habiskan untuk terobsesi dengan media sosial.

5. Jauhkan ponsel saat Anda tidur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: