Punya Pola Pikir yang Terlalu Kolot? Ubah Cara Berpikir Anda Segera Mungkin

Punya Pola Pikir yang Terlalu Kolot? Ubah Cara Berpikir Anda Segera Mungkin

Ilustrasi langkah-langkah agar bisa meninggalkan pemikiran yang kolot.-@freepik-

INFORADAR.ID – Lakukanlah beberapa hal berikut ini bagi Anda yang memiliki pemikiran kolot agar Anda bisa lebih update dan upgrade diri.

Memiliki pemikiran yang kolot ini akan cenderung melanggengkan cara berpikir tradisional dan terkadang mengabaikan perkembangan zaman.

Hal ini merupakan tantangan utama dalam proses evolusi masyarakat dan pribadi. Dengan perubahan yang cepat di berbagai bidang kehidupan, menjaga keterbukaan terhadap ide-ide dan nilai-nilai baru adalah kunci untuk menciptakan masyarakat yang inklusif dan progresif. 

Pentingnya mengubah pemikiran yang kolot tidak hanya terletak pada kemampuan beradaptasi terhadap perubahan, tetapi juga pada keragaman, inovasi dan kemampuan untuk merangkul perspektif yang berbeda. 

Dalam menghadapi kompleksitas modern, upaya untuk memperbarui cara berpikir kolot yang sudah ketinggalan zaman dan meletakkan dasar-dasar untuk pola pikir yang merangkul perubahan adalah langkah penting menuju perkembangan dan kemajuan bersama.

Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengubah pola pikir agar bisa menjadi lebih ter-upgrade sehingga tidak lagi kolot:

BACA JUGA:Cara Mengatur Stress yang Sangat Penting Diperhatikan, Cocok untuk Para Lansia

1. Biasakan dengan Intens

Ketika Anda penuh perhatian, Anda berada di masa sekarang. Pikiran Anda terfokus pada saat ini, bukan pada masa lalu atau masa kini. Menjadi sadar juga berarti menerima pikiran, perasaan dan situasi Anda saat ini tanpa menghakimi.

Lakukanlah apa yang seharusnya Anda lakukan, jika hal itu sangat baik untuk dilakukan guna kebaikan diri, maka harus dilakukan.

Jangan sampai Anda tidak bisa mengeluarkan kemarahan yang Anda rasakan pada saat itu dari pikiran Anda dan Anda berlatih berulang kali dalam pikiran Anda apa yang ingin Anda katakan kepada orang tersebut.

2. Memperhatikan Lingkungan Sekitar 

Hal ini berhubungan dengan perhatian penuh. Ambillah foto lingkungan sekitar Anda. Perhatikan apa yang ada di sekitar Anda - warna, bau, orang, cuaca. Hargai momen tersebut.

Lingkungan ini akan sangat mempengaruhi bagi diri Anda, di mana lingkungan ini menjadi hal yang terdekat bagi diri Anda pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: