Inilah Keistimewaan Bulan Rajab yang Tidak Boleh Diremehkan

Inilah Keistimewaan Bulan Rajab yang Tidak Boleh Diremehkan

Ilustrasi keistimewaan bulan Rajab --sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID - Bulan Rajab dianggap sebagai bulan yang istimewa dalam tradisi Islam. Dalam beberapa ajaran Islam, bulan Rajab dikaitkan dengan peristiwa penting dalam sejarah Islam, seperti Isra Miraj.

Bulan Rajab juga dianggap sebagai bagian dari persiapan untuk menyambut Ramadan, bulan yang penuh berkah dan doa. Selama bulan ini, umat Islam didorong untuk meningkatkan perbuatan baik, bertobat dan mendekatkan diri kepada Allah sebagai bagian dari upaya untuk menyucikan jiwa dan meningkatkan spiritualitas.

Keyakinan bahwa ampunan Allah semakin berlimpah, pintu surga terbuka dan adanya kesempatan untuk mencapai ketinggian spiritual juga membuat bulan Rajab menjadi istimewa di mata umat Islam.

Ada berbagai pandangan dan kepercayaan yang memberikan status khusus pada bulan Rajab dalam tradisi Islam, yang akan kita bahas di bawah ini:

1. Isra mi'raj 

Sebagian umat Islam percaya bahwa peristiwa Mi'raj Islam, di mana Nabi Muhammad (SAW) melakukan perjalanan malam dari Mekkah ke Baitul Maqdis dan kemudian ke surga, terjadi di bulan Rajab. Oleh karena itu, bulan Rajab dianggap sebagai bulan yang sangat bersejarah.

2. Memuliakan Allah

Bulan Rajab secara tradisional dikaitkan dengan kemuliaan nama Allah dan kebesaran-Nya. Dianjurkan untuk memperbanyak menyebut nama Allah, karena menyebut nama Allah adalah suatu kehormatan.

3. Terbuka nya pintu-pintu surga 

Menurut beberapa riwayat, pintu-pintu surga dibuka pada bulan Rajab. Hal ini memberikan insentif khusus bagi umat Islam untuk meningkatkan jumlah perbuatan baik dan mendekatkan diri kepada Allah.

BACA JUGA:Bulan Rajab 2024 Kapan? Simak Niat Puasanya

4. Pengampunan dan belas kasihan

Bulan Rajab dianggap sebagai waktu di mana Allah bermurah hati dengan pengampunan dan belas kasihan. Oleh karena itu, umat Islam disarankan untuk meminta maaf dan fokus pada perbaikan diri.

5. Melawan hawa nafsu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: