Wisata Religi Makam Sunan Drajat, Wali Songo yang Terkenal Cerdas

Wisata Religi Makam Sunan Drajat, Wali Songo yang Terkenal Cerdas

makam sunan drajat--instagram/@wisatalamongan

INFORADAR.ID - Sunan Drajat merupakan seorang waliyullah yang menyebarkan agama Islam di Desa Drajat, Kec.Paciran, Lamongan, Jawa Timur.

Sunan Drajat adalah adalah seorang murid dari Sunan Gunung Jati. Setelah menuntut ilmu, Sunan Drajat diutus oleh ayahnya untuk menyiarkan dan berdakwah di wilayah Lamongan, Jawa Timur. Sunan Drajat dan pengikutnya membebaskan lahan seluas 9 hektar.

 Atas petunjuk dari Sunan Giri melalui mimpi, beliau menempati suatu kawasan di sisi selatan bukit dan diberi nama Ndalem Duwur, Desa Drajat, Paciran, Kab. Lamongan (sekarang menjadi tempat pemakamannya).

BACA JUGA:Wisata Religi Makam Sunan Bonang di Tuban, Pencipta Lagu Tombo Ati

 Sunan Drajat mempunyai cara tersendiri dalam menyebarkan ajaran agama islam, terutama melalui seni kebudayaan.  Ada sekitar tujuh filosofi makna yang dipakai Sunan Drajat dalam menyebarkan ajaran agama Islam. Ketujuh falsafah ini bisa Anda temukan saat berkunjung ke makam Sunan Drajat.

 Banyak dari peziarah dan wisatawan yang datang ke makam Sunan Drajat ini, ada yang datang untuk berdoa dan ada pula yang datang untuk mengetahui secara langsung sejarah perjuangan yang dilakukan Sunan Drajat dalam menyebarkan ajaran agama Islam pada di masa lalu.

 Sunan Drajat juga membangun masjid yang sedikit lebih jauh di sebelah barat tempat tinggalnya sebagai pusat berdakwah dan menyebarkan ajaran agama islam di kawasan tersebut.

 Sunan Drajat memiliki kecerdasan yang mampu mempertahankan kendali otonomi kubu Drajat melalui kerajaan Demak selama 36 tahun. Karena kesuksesannya, orang-orang menjulukinya “Kadrajat” yang artinya berpangkat tinggi. 

Dari nama tersebut akhirnya muncullah nama Sunan Drajat. Beliau juga mendapat gelar Sunan Mayang Madu, pada tahun 1520 M. dari Raja Demak I atas keberhasilan beliau dalam mensejahterakan rakyatnya.

Makam Sunan Drajat terletak di desa Drajat, kec. Paciran, Lamongan dan temat makam tersebut merupakan menjadi salah satu tujuan kegiatan wisata religi. Selain itu juga, untuk menghormati jasa Sunan Drajat sebagai wali wsongo yang penyebarkan ajaran agama Islam di wilayah Lamongan.  

Dan untuk mempertahankan dan melestarikan artefak budaya dan sejarah warisan Sunan Drajat, keluarga dan sahabat-sahabatnya yang berjasa dalam penyebaran agama Islam, maka Pemerintah Bupati Lamongan mendirikan Museum Daerah Sunan Drajat di sisi timur makam. Museum ini  sudah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur pada tanggal 1 Maret 1992.

BACA JUGA:Wisata Religi yang Selalu Ramai Penziarah, Makam Sunan Ampel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: