Rekomendasi Olahraga untuk Usia Lanjut, Cocok untuk Para Kaum Lansia

Rekomendasi Olahraga untuk Usia Lanjut, Cocok untuk Para Kaum Lansia

Potret seorang nenek-nenek setelah berolahraga.-freepik/@rawpixel.com-

INFORADAR.ID – Berikut merupakan olahraga yang cocok dilakukan oleh para lansian, sehingga akan tetap menjaga pola kesehatan dan pola tubuh yang baik.

Tetap aktif bisa bergerak dengan bebas menjadi tantangan tersendiri seiring bertambahnya usia. Tubuh dan pikiran kita mungkin tidak bekerja secepat dulu.

Ada beberapa kondisi kesehatan yang perlu diperhatikan dan bisa mengecewakan ketika kita menyadari bahwa kemampuan fisik kita telah berubah seiring berjalannya waktu.

Namun, bagi lansia, penting untuk memprioritaskan olahraga teratur dan mempertahankan gaya hidup sehat untuk mencegah kesehatan fisik dan mental mereka membaik atau memburuk. 

Meningkatkan kekuatan, kepadatan tulang, dan keseimbangan dengan olahraga teratur juga dapat membantu mengurangi risiko jatuh.

Memulai perjalanan kebugaran bisa jadi sulit bagi banyak orang lanjut usia, terutama jika mereka tidak tahu harus mulai dari mana. 

Itulah mengapa mencoba olahraga baru adalah cara ideal untuk tetap aktif dan melihat apa yang paling Anda sukai. 

Olahraga, baik itu olahraga tim atau aktivitas solo, memberikan titik awal yang sederhana dan tujuan konkret untuk diperjuangkan.

BACA JUGA:Suka Berolahraga? Eitsss Jangan Lakukan Hal Ini Setelah Berolahraga, Berbahaya

Berikut merupakan beberapa tipe olahraga yang cocok dilakukan oleh para lansia:

1. Yoga

Yoga menawarkan banyak manfaat bagi lansia, seperti peningkatan kelenturan, peningkatan keseimbangan, peningkatan kekuatan, dan pengurangan stres. 

Peregangan dan posturnya yang lembut dapat diubah untuk menyesuaikan dengan kemampuan individu, yang membuatnya cocok untuk orang dengan keterbatasan gerak. 

Latihan yoga secara teratur telah menjadi pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan sendi dan kesejahteraan mental, tetap aktif dan fleksibel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: