Rekomendasi Olahraga untuk Usia Lanjut, Cocok untuk Para Kaum Lansia

Rekomendasi Olahraga untuk Usia Lanjut, Cocok untuk Para Kaum Lansia

Potret seorang nenek-nenek setelah berolahraga.-freepik/@rawpixel.com-

2. Berenang 

Berenang adalah olahraga yang bagus untuk orang tua karena sifatnya yang berdampak rendah. Daya apung air mengurangi tekanan pada persendian dan meminimalkan risiko cedera. 

Latihan renang beberapa bagian otot, sehingga dapat meningkatkan fleksibilitas dan meningkatkan daya tahan kardiovaskular. 

Adanya aktivitas berbasis air ini sangat bermanfaat bagi penderita radang sendi atau kondisi terkait sendi lainnya.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Otak, Sudah Tahu Belum?

3. Bersepeda

Sirkulasi adalah aktivitas kardiovaskular berdampak rendah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu. 

Ini meningkatkan kebugaran kardiovaskular, memperkuat otot-otot kaki dan meningkatkan daya tahan tubuh secara keseluruhan. 

Anda dapat menikmati bersepeda baik di luar maupun di dalam dengan sepeda alat tulis yang memberikan fleksibilitas dalam hal aksesibilitas dan keamanan.

4. Berjalan-jalan

Jalan kaki adalah olahraga ringan yang dapat dinikmati oleh orang-orang dari segala usia, yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk orang tua. 

Jalan kaki telah terbukti dapat meningkatkan stres dan kecemasan, serta meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat otot dan tulang, sehingga bisa meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

Selain itu, jalan-jalan di luar menawarkan bonus tambahan berupa udara segar, kesempatan untuk menikmati alam dan berkumpul bersama teman dan keluarga.

Keempat olahraga itu akan sangat efektif yang bisa digunakan untuk para kaum lansia, sehingga dapat menjadikan tubuh agar tetap dalam keadaan bugar.

Olahraga itu merupakan olahraga yang sangat ringan, namun bisa tetap dilakukan secara perlahan dan rutin di setiap harinya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: