Kenali Manfaat Lengkuas untuk Membantu Kurangi Kadar Glukosa Darah

Kenali Manfaat Lengkuas untuk Membantu Kurangi Kadar Glukosa Darah

Lengkuas yang baik untuk kesehatan tubuh.-freepik/@rawpixel.com-

INFORADAR.ID - Manfaat Lengkuas, yang juga dikenal sebagai Lao, tidak hanya merupakan rempah-rempah yang memberikan rasa yang unik pada makanan, tetapi juga merupakan tanaman herbal yang kaya akan manfaat kesehatan.

Jika dipahami secara mendalam ternyata manfaat Lengkuas sangat banyak sekali.

Berikut adalah beberapa manfaat lengkuas untuk kesehatan, berikut penjelasannya.

1. Sifat anti-inflamasi dan analgesik

Lengkuas memiliki sifat anti-inflamasi dan meredakan peradangan dalam tubuh. Senyawa aktifnya bekerja dengan cara yang mirip dengan analgesik, membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Oleh karena itu, lengkuas merupakan pilihan alami untuk meredakan radang sendi dan kondisi peradangan lainnya.

BACA JUGA:4 Makanan Indonesia Ini Ternyata Baik untuk Kesehatan

2. Memperbaiki sistem pencernaan

Lengkuas diketahui memiliki efek positif pada sistem pencernaan. Senyawa dalam lengkuas merangsang produksi enzim pencernaan, yang membantu pencernaan makanan. Hal ini dapat mengurangi masalah pencernaan seperti gas, kembung dan rasa tidak nyaman setelah makan.

3. Antioksidan pelindung sel

Tanaman ini mengandung antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Perlindungan terhadap stres oksidatif ini membantu mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit jantung.

4. Mengurangi kadar glukosa darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lengkuas dapat membantu mengatur kadar glukosa darah. Senyawa aktifnya dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mengontrol glukosa dalam darah.

Hal ini menjadikannya bahan tambahan yang bermanfaat bagi orang yang berjuang melawan diabetes dan mereka yang ingin mempertahankan kadar glukosa darah yang sehat.

BACA JUGA:Mengungkap Manfaat Scrub yang Penting untuk Kesehatan Kulit

5. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Fitokimia dalam lengkuas dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Senyawa ini meningkatkan produksi sel kekebalan dan membantu tubuh melawan infeksi. Konsumsi lengkuas secara teratur dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

6. Sifat antibakteri.

Lengkuas memiliki sifat antibakteri, yang membantu melawan infeksi bakteri dan jamur. Ekstrak lengkuas dapat digunakan secara topikal untuk mengobati luka dan masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi.

Penting untuk dicatat bahwa, seperti halnya ramuan lainnya, penggunaan lengkuas harus mengikuti pedoman dan konsultasi dengan ahli kesehatan. Selain itu, konsumsi lengkuas harus diintegrasikan ke dalam pola makan sehat secara keseluruhan.

Dengan memahami manfaat lengkuas dan menggunakannya dengan bijak, kita dapat meningkatkan kesehatan kita secara alami.

itulah deretan manfaat lengkuas untuk kesehatan anda. semoga bermanfaat.

BACA JUGA:Selain untuk Nginang, Ternyata Daun Sirih Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: