Lakuakan Posisi Tidur Ini, untuk Mengurangi Nyeri Haid Kamu

Lakuakan Posisi Tidur Ini, untuk Mengurangi Nyeri Haid Kamu

ilustrasi seseorang yang melakukan posisi tidur terlentang saat nyeri haid--sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID -  Nyeri Haid biasanya ditandai dengan kram di daerah panggul atau nyeri perut dan punggung bawah. Rasa sakit ini bisa terjadi kapan saja, termasuk sebelum tidur. Nyeri Haid sebelum tidur pasti akan membuat Anda kurang tidur. Oleh karena itu, perlu Anda ketahui bahwa posisi tidur yang kuat dapat meredakan nyeri Haid.

Selama menstruasi, rahim berkontraksi dan mengalir melalui lapisan dalamnya. Hal ini menyebabkan nyeri di sekitar perut bagian bawah dan membuat tidak nyaman untuk bergerak. Nyeri Haid juga disebabkan oleh peningkatan kadar prostaglandin saat menstruasi.

Banyak orang percaya bahwa tidur adalah cara yang ampuh untuk meredakan nyeri Haid loh. Sayangnya, ketidakseimbangan hormon saat menstruasi membuat sebagian wanita sulit tidur. Mungkin sulit untuk tidur nyenyak, belum lagi rasa sakitnya berkurang.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melatih posisi tidur yang benar. Berikut posisi tidur yang bisa Anda coba untuk meredakan nyeri haid:

1. Tidur menyamping

Jika Anda mengalami nyeri haid, letakkan bantal di bawah leher dan di antara paha untuk berbaring miring. Ini akan mengurangi tekanan di punggung bawah dan sakit perut.

2. Meringkuk 

Tidur meringkuk juga dikenal sebagai tidur janin. Tidur dalam posisi ini akan membantu meredakan tekanan pada tulang belakang, mengendurkan otot pinggul dan perut November, mengurangi rasa sakit dan ketegangan. Caranya adalah dengan berbaring miring, lalu tekuk kaki dan letakkan lutut sejajar dengan dada.

BACA JUGA:6 Cara Atasi Nyeri Saat Haid, Gak Perlu Sampai Berobat ke Dokter

3. Tidur telentang dengan bantal

Tidur telentang dengan bantal di bawah lutut dan leher akan mengurangi tekanan pada punggung dan tulang belakang. Sejajarkan dan luruskan kaki Anda agar aliran darah tetap lancar. Letakkan kompres hangat di perut untuk menghilangkan rasa sakit.

4. Child's Pose

Pose ini digambarkan sebagai postur tidur sujud, dan sama seperti saat bayi Anda tidur, pastikan dada Anda menyentuh paha Anda. Postur tidur ini dapat melancarkan peredaran darah, membuat punggung yang nyeri menjadi lebih nyaman, mengendurkan otot perut, dan meredakan sakit kepala yang berhubungan dengan gejala dismenore.

5. Tidur dengan bantal di perut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: