Ibu Hamil Sering Tidak Nyaman Saat Tidur, Coba Lakukan Posisi Tidur Ini

Ibu Hamil Sering Tidak Nyaman Saat Tidur, Coba Lakukan Posisi Tidur Ini

Ilustrasi ibu hamil dengan posisi tidur tiga perempat --sumber & design freepik

INFORADAR.ID - Baca artikel berikut ini untuk mengetahui posisi tidur terbaik bagi ibu hamil muda dan tua, agar ibu hamil bisa tidur lebih nyaman dan tenang.

Ibu hamil sering mengeluhkan gangguan tidur selama kehamilan. Hal ini karena perubahan kondisi fisik membuat tidur menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menerapkan postur tidur yang tepat seperti bersandar ke kiri atau tidur dengan posisi setengah berbaring. Posisi tidur saat hamil ini diketahui aman untuk janin dalam kandungan.

Ibu hamil yang kondisi fisiknya berubah secara signifikan perlu memperhatikan posisi tubuhnya saat beraktivitas, termasuk saat tidur. Pada dasarnya, posisi tidur yang optimal untuk wanita hamil tergantung pada usia kehamilan. Di bawah ini adalah beberapa penjelasannya.

1. Fun Fact 

Gangguan tidur saat hamil sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan karena ibu hamil perlu memperhatikan posisi tubuh saat beraktivitas, termasuk saat tidur, karena adanya perubahan kondisi fisik yang cukup signifikan. Posisi tidur yang optimal untuk ibu hamil cenderung berbeda tergantung pada bulan kehamilan.

2. Tidur telentang

Posisi tidur yang masih memungkinkan untuk dilakukan oleh ibu pada tahap awal kehamilan. Posisi ini masih relatif aman bagi janin, karena dinding rahim dan cairan ketuban pada awal kehamilan dapat melindungi janin dari bahaya tekanan atau benturan. Namun, posisi ini tidak dianjurkan pada trimester kedua dan ketiga kehamilan.

BACA JUGA:Bunda Wajib Coba, Ini Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil dan Janin

3. Berbaring telentang

Posisi tidur ini juga mungkin dilakukan pada awal kehamilan. Sebaliknya, posisi terlentang tidak dianjurkan untuk tidur di akhir kehamilan karena berisiko menimbulkan masalah seperti wasir, sakit punggung, gangguan pencernaan dan masalah peredaran darah dalam tubuh.

4. Tidur miring ke kiri

Memperlancar aliran darah ke plasenta dan memberikan nutrisi yang cukup bagi janin. Direkomendasikan sebagai posisi tidur pada trimester ketiga kehamilan, karena mencegah tekanan yang berlebihan pada organ ginjal dan hati yang terletak di sisi kanan perut. Jika pasien tidak terbiasa dan merasa tidak nyaman, ia dapat berbalik ke sisi kanan secara berkala.

5. Posisi tidur setengah berbalik

Ini adalah posisi yang nyaman saat persalinan semakin dekat dan dilakukan dengan menggunakan beberapa bantal di bagian punggung dan perut. Letakkan bantal untuk menopang kaki Anda untuk mencegah pembengkakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: