Jangan Sepelekan, Ini Manfaat Mengonsumsi Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Jangan Sepelekan, Ini Manfaat Mengonsumsi Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Buah pepaya-istock-

INFORADAR.ID - Mengonsumsi buah pepaya ternyata banyak manfaatnya untuk tubuh. Buah yang gampang ditemui di pasaran dan harganya terjangkau tersebut mengandung kalsium, berbagai macam vitamin seperti B1, B2, dan antioksidan. 

Dalam satu buah pepaya yang matang ukuran kecil dengan berat 152 gram, terdapat kalori sebanyak 59 kkal. Selain itu, juga terdapat karbohidrat sebanyak 15 gram, dan satu gram protein yang bagus untuk kesehatan tubuh. 

Untuk takaran sama, mengonsumsi pepaya dapat mencukupi 157 persen kebutuhan vitamin C per hari, 55 persen kebutuhan vitamin A per hari, 14 persen kebutuhan folat per hari dan 11 persen kalium per hari. 

Meski sederhana dan mudah dijumpai, manfaat buah pepaya tidak sesederhana itu. Pepaya kaya akan manfaat bagi kesehatan. Berikut ini manfaat mengonsumsi buah dengan nama latin Carica Papaya L tersebut. 

1. Baik Untuk Pencernaan 

Tidak dapat dipungkiri lagi rutin mengonsumsi buah pepaya sangat bagus untuk pencernaan. Kandungan enzim papain yang paling tinggi ketika buah tersebut matang. Enzim itu diketahui dapat membantu mencerna makanan yang masuk ke tubuh.

Selain baik untuk pencernaan, mengonsumsi pepaya juga dapat menurunkan berat badan ya. Hal tersebut tidak lepas dari enzim papain dan seratnya yang tinggi ditambah kalorinya yang rendah. 

2. Turunkan Kolesterol

Selain baik untuk pencernaan, mengonsumsi pepaya matang tadi juga baik untuk menurunkan kolesterol. Hal tersebut karena pepaya sumber serat, antioksidan dan vitamin C. Mangonsumsi pepaya dapat menghindarkan diri kita dari kolesterol. Untuk itu, kamu dapat menjadikan pepaya sebagai makanan penutup. 

BACA JUGA:Full Nutrisi, Ini Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

3. Bagus Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi pepaya. Meskipun rasanya manis, pepaya punya kandungan gula rendah dan indeks glikemik yang juga rendah.

Oleh karenanya, mengonsumsi pepaya sangat baik untuk pasien diabetes. Pepaya sendiri kaya akan nutrisi phyto dan vitamin.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: