Jangan Kaget, Ini Segudang Manfaat Jika Rutin Mengonsumsi Biji Pepaya

Jangan Kaget, Ini Segudang Manfaat Jika Rutin Mengonsumsi Biji Pepaya

Buah pepaya-iStock-

INFORADAR.ID - Jangan kaget. Mengonsumsi biji pepaya ternyata banyak sekali manfaatnya untuk tubuh. 

Manfaat mengonsumsi biji buah pepaya khususnya yang sudah matang tersebut tidak lepas dari kandungannya. Menurut penelitian, biji buah pepaya kaya akan sumber lemak yang baik untuk tubuh dan antibakteri. 

Selain itu, biji buah pepaya juga punya kandungan serat, protein dan beragam komponen mineral seperti magnesium, fosfor, dan kalium.

Dari kandungannya tersebut, mengonsumsi biji buah pepaya tentu sangat dianjurkan agar bisa lebih sehat. Berikut ini adalah segudang manfaat dari mengonsumsi biji pepaya. 

1. Antioksidan

Antioksidan yang didapat dari buah pepaya karena mengandung senyawa fenolik. Senyawa ini mempunyai manfaat melawan stres oksidatif dan melindungi sel dari kerusakan. 

Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa biji pepaya dapat membantu dalam penundaan proses penuaan tubuh.

2. Detoksifikasi Hati

Manfaat yang tak kalah penting dari mengonsumsi biji buah pepaya adalah dapat membantu proses detoksifikasi hati. Ini bukan hanya sekadar membersihkan racun dari tubuh, tapi juga mendukung kesehatan hati secara menyeluruh. 

Proses detoksifikasi yang didapat dari mengonsumsi biji buau pepaya ini juga dapat berkontribusi untuk resistensi insulin dan kesehatan kulit.

3. Melancarkan Pencernaan

Tak hanya daging buah pepaya, bijinya juga kaya serat. Manfaatnya tentu saja dapat melancarkan sistem pencernaan.

4. Menurunkan Resiko Penyakit Alzheimer

Biji buah pepaya juga diyakini dapat menurunkan resiko penyakit alzheimer. Ekstrak bubuk pepaya yang difermentasi diyakini dapat menangkal efek stress oksidatif yang terkait dengan penyakit ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: