Wisata Religi di Kota Santri, Kudus, Tempat yang Banyak Berkahnya

Wisata Religi di Kota Santri, Kudus, Tempat yang Banyak Berkahnya

menara kudus--instageam/@maz_syafiq19

INFORADAR.ID - Kota Kudus sebenarnya merupakan kota yang sering dikunjungi wisatawan religi Indonesia. Memang di kota kudus ini terdapat 2 makam yang temasuk kedalam 9 wali, yaitu makam Sunan Kudus dan makam Sunan Muria.

Kota Kudu biasa dijuluki dengan kota Keretek. Julukan lain yang diberikan kepada kota ini adalah Kota Santri. Julukan ini disematkan karena Kudus merupakan kota pusat penyebaran ajaran agama Islam di Pulau Jawa, dengan jumlah lebih dari ratusan pondok pesantren berkembang di daeran ini.

 Fakto nya bukan hanya itu saja, Penggunaan nama Kudus sebagai kota Santri, lebih didasari karena mejadi salah satu kota pusat pengembangan agama Islam pada Abad Pertengahan.

BACA JUGA:Wisata Religi di Cirebon, Berikut Ini Tempat yang Kaya dengan Sejarah dan Budayanya

1. Makam Sunan Kudus

Sunan Kudus, selain terkenal dengan orang yang suci soleh dan mahir dalam ilmu agama, Sunan Kudus juga terkenal dengan pengetahuannya yang mendalam di agama islam. Sunan Kudus diberi gelar Waliyyul Ilmi sehingga  diangkat menjadi penguasa kerajaan Demak. 

Makam Sunan Kudus terletak di sekitaran Masjid Al-Aqsa Kudus, Jalan Kauman, Kec. Kudus, Kab. Kudus. Masjid Al-Aqsa Kudus merupakan Masjid bekas peninggalan dari Sunan Kudus yang mempunyai keunikan dalam bidang arsitektur,  karena Masjid ini memiliki gerbang dan menara yang mirip dengan candi Hindu, yang tujuannya adalaj agar masyarakat sekitaran Kudus yang baru masuk Islam pada saati itu, mereka tidak merasa asing pada saat memasuki Masjid.

 2. Makam Sunan Muria

Sunan Muria adalah salah satu dari sembilan wali yang terkenal di Indonesia, yang aktif dalam menyebarkan ajaran agama Islam pada saat itu. Daerah yang menjadi tempat dakwah Sunan Muria adalah Pati, Kudus, dan daerah yang ada sekitaran Gunung Muria.

 Tempat pemakaman Sunan Muria berada di bukit Muria, desa Colo, kec. Dawe, kab. Kudus, Jawa Tengah. Tempat pemakaman ini terletak di ketinggian lebih dari 1.600 meter.

 3. Makam Syekh Hasan Sadzali

 Usai berziarah ke makam Sunan Muria, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk dapat ziarah ke makam Syekh Hasan Sadzali. Pasalnya, lokasi makam Syekh Hasan Sadili dekat sekali dengan makan sunan muria, kurang lebih berjarak sekitar 3 km.

 Syekh Hasan Sadzali adalah salah satu ulama besar dari asal Bagdad, Irak. Kemudian beliau berdakwah untuk menyebarkan  ajran agama Islam di Pulau Jawa.

Lokasi makamnya berada di Bukit Muria, Desa Jepang, Kec. Dawe, Kudus.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: