Warnai Perlombaan 17 Agustus di Kampungmu dengan 7 Permainan Tradisional Jawa Barat

Warnai Perlombaan 17 Agustus di Kampungmu dengan 7 Permainan Tradisional Jawa Barat

Permainan tradisional Gatrik --aturanpermainan.blogspot.com

Laut naon, laut dipa, dipa naon, dipandeuriii…

Begitu lagu berakhir, sang kepala berusaha menangkap pemain yang ada bagian paling belakang (ekor). Namun sang ekor harus memiliki strategi sehingga akan tampak seperti seekor ular yang sedang meliuk-liuk.

4. Gatrik

Gatrik merupakan permainan tradisional yang juga sering disebut Tak Kadal, Pathil Lele, atau Benthik. Permainan ini dimainkan secara beregu dengan dua batang bambu sebagai perlengkapan utamanya.

Aturan bermain gatrik sangat mudah dan sederhana. Dua kelompok masing-masing memiliki tugas. Kelompok 1 bertugas melempar bambu, sedangkan kelompok yang lain bertugas menangkap bambu. Jika bambu berhasil ditangkap oleh lawan main, itu artinya pemain bisa bertukar posisi.

Permainan tradisional gatrik dapat melatih ketangkasan, kelincahan, dan kecepatan. Pemukul gatrik harus hati-hati agar bambu dapat meluncur semakin kencang. Sementara tim penjaga harus sigap supaya terhindar dari cedera terkena lemparan bambu.

 5. Bedil Sorolok

Permainan tradisional lainnya adalah bedil sorolok. Permainan ini sangat sederhana karena hanya menggunakan pelepah daun pisang.

Pelepah tersebut dibentuk hingga menyerupai senapan. Setelah itu bagian teratas diiris dengan ukuran tertentu, biasanya dibuat tiga hingga empat irisan sejajar.

Selanjutnya, bagian yang telah diiris itu diberdirikan untuk kemudian dipukul sehingga berbunyi seperti senapan mesin.

6. Perepet Jengkol

Permainan tradisional yang juga cukup digemari anak-anak pada masanya adalah perepet jengkol. Permainan ini dilakukan sedikitnya oleh tiga orang. Namun akan lebih seru jika dimainkan oleh lebih banyak peserta.

Cara bermain perepet jengkol yaitu, para pemain berdiri saling membelakangi satu sama lain. Kemudian para pemainnya saling merangkul atau berpegangan tangan.

Mereka selanjutnya meloncat-loncat berputar ke arah kiri menyanyikan lagu perepet jengkol. Keseimbangan anak terlihat pada kemampuan bertahan mengangkat sebelah kaki. Yang dapat bertahan lama, tidak terjatuh, dan tercerai berai adalah pemenangnya.

7. Jajangkungan atau Egrang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disparbud.jabarprov.go.id