Kenapa Mulyadi Jayabaya Rajin Kritik Pimpinan Banten? Ternyata Ini yang Dijadikan Dasar

Kenapa Mulyadi Jayabaya Rajin Kritik Pimpinan Banten? Ternyata Ini yang Dijadikan Dasar

Mulyadi Jayabaya. Foto: Dok. Radar Banten/Nce -----

INFORADAR.ID --- Kenapa tokoh masyarakat yang juga mantan Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya (JB) dalam beberapa hari terakhir ini rajin mengkritik kinerja pimpinan Banten. 

Ternyata hal ini yang dijadikan dasar Mulyadi Jayabaya rajin menyoroti pimpinan Banten. 

Sebelumnya Mulyadi Jayabaya menilai kinerja Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, yang dinilai kinerjanya kurang maksimal. Sehingga masa jabatannya tidak perlu diperpanjang. 

Nah, kini giliran Penjabat (Pj) Sekda Banten M Tranggono tak luput dari sorotan tajam Mulyadi Jayabaya, yang tak lain adalah ayah dari Bupati Lebak Hj Iti Octavia Jayabaya. 

Menurut Mulyadi Jayabaya, Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar tidak layak memperpanjang jabatan Penjabat Sekda Banten. Apalagi Pj Sekda sudah menjabat selama 9 bulan. 

"Penjabat Sekda Banten ini tidak ada prestasinya, sehingga tidak perlu diperpanjang," kata JB, Kamis, 23 Februari 2023.

Sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah, jabatan Penjabat Sekda itu paling lama hanya 9 bulan. 

"Penjabat Sekda itu maksimal hanya 9 bulan, yakni 6 bulan pertama dan bisa diperpanjang selama 3 bulan," tandas Wakil Ketua Kadin Indonesia ini.

Menurut JB, selama 9 bulan menjabat Pj Sekda Banten Tranggono tidak ada greget dan terjadinya reformasi birokrasi di Banten.

"Malah yang ada menimbulkan kegaduhan dengan melakukan mutasi 4 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) tanpa sepengetahuan Pj Gubernur, sehingga mutasi tersebut terpaksa dianulir oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

"Untuk itu saya minta kepada Pj Gubernur untuk mengganti Pj Sekda yang sudah habis masa jabatan agar tidak menambrak Undang-undang," katanya.

TANGGAPAN PENJABAT GUBERNUR

Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar yang saat ini berada di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur melalui telepon seluler menjawab permintaan Mulyadi Jayabaya dengan diplomatis. 


Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar. Foto: Dok. Biro Adpemprov -----

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: