Para Pemburu Penukaran Uang Merapat, Bank Indonesia Banten Siapkan Rp4,57 Triliun untuk Kebutuhan Lebaran

Para Pemburu Penukaran Uang Merapat, Bank Indonesia Banten Siapkan Rp4,57 Triliun untuk Kebutuhan Lebaran

Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Banten Ameriza M Moesa saat menukarkan uang untuk kebutuhan Idul Fitri di salah satu mobil kas layanan.-Rostinah-

INFORADAR.ID – Buat kamu para pemburu penukaran uang untuk Hari Raya Idul Fitri 2024 tak usah khawatir, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten menyiapkan Rp4,57 triliun.

Setiap tahunnya, Bank Indonesia selalu menyediakan layanan penukaran uang khusus menjelang hari Raya Idul Fitri atau lebaran untuk masyarakat.

Layanan penukaran uang ini biasanya dapat kamu temui di berbagai fasilitas publik seperti Alun-alun Kota Serang, Cilegon, hingga di pusat-pusat keramaian.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten Ameriza M Moesa mengatakan, permintaan uang untuk Lebaran tahun ini meningkat.

"Diperkirakan kebutuhan Rp4,57 triliun, meningkat 21 persen dibanding tahun lalu,” ujar Ameriza saat  Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) Banten 2024 dengan tema Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah, yang dilaksanakan di Riung Sawarna gedung Kantor Perwakilan BI Provinsi Banten, Selasa, 19 Maret 2024.

Ameriza mengatakan, hal itu menunjukkan aktivitas ekonomi semakin baik. Ia pun mengajak seluruh pihak menjaga komitmen. “Outflow Banten terlihat pergerakan uang. Outflow uang yang dikeluarkan BI lebih banyak dibanding masuk,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang dimilikinya, sejak Januari sampai pekan pertama Maret, uang yang diedarkan Rp1,8 triliun, tetapi yang masuk kas yang dikelola BI hanya Rp1,5 triliun. Dengan begitu, ada net outflow sekitar Rp300 miliar.

Untuk itu, Ameriza mengimbau untuk menjaga kecukupan atau uang layak edar. “Belanja secukupnya, beli makanan secukupnya, maka BI ambil tema Serambi Banten 2024 ini yakni bijak gunakan Rupiah di bulan penuh berkah,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, hadir juga Pj Gubernur Banten Al Muktabar serta sejumlah tamu undangan lainnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: