Penukaran Uang Baru Bank Indonesia Banten Segera Dibuka, Ini Tanggal dan Jadwal Layanannya

Penukaran Uang Baru Bank Indonesia Banten Segera Dibuka, Ini Tanggal dan Jadwal Layanannya

Pj Gubernur Banten Al Muktabar (tengah) saat menabuh bedug simbol diresmikannya program penukaran uang baru Bank Indonesia Banten-Rostinah-

INFORADAR.ID – Buat kamu yang ingin menukarkan uang baru untuk persenan kepada keponakan di Hari Raya Idul Fitri 2024, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten membuka kas keliling untuk penukaran uang baru.

Kegiatan kas keliling untuk mendistribusikan Uang Layak Edar (ULE) atau penukaran uang baru kepada masyarakat dimulai tanggal 19 Maret sampai dengan 5 April 2024. Layanan kas keliling BI bersama Perbankan dilakukan sebanyak 12 titik dengan kuota sebanyak 6 ribu orang dan layanan penukaran uang di loket bank dilakukan di 199 titik.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten Ameriza M Moesa mengatakan, untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat Banten saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah, KPw BI Provinsi Banten telah menyiapkan uang kartal sebesar Rp4,57 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang kartal masyarakat Banten.

Adapun nilai tersebut meningkat sebesar 21 persen dari realisasi tahun 2023 yang sebesar Rp3,78 triliun. Kenaikan jumlah Uang Layak Edar (ULE) yang disiapkan tersebut mempertimbangkan peningkatan mobilitas masyarakat selama periode Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.

KPw BI Provinsi Banten, Pemprov Banten, dan Perbankan se-Provinsi Banten melaksanakan Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024, dengan menghadirkan Pj Gubernur Banten, Forkopimda Banten, dan anggota Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Banten.

Acara berlangsung di gedung KPw BI Provinsi Banten, Selasa, 19 Maret 2024. Serambi 2024 ini mengangkat tema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah”.

BACA JUGA:Para Pemburu Penukaran Uang Merapat, Bank Indonesia Banten Siapkan Rp4,57 Triliun untuk Kebutuhan Lebaran

Rangkaian kegiatan Serambi 2024 meliputi layanan penukaran uang, dan edukasi Rupiah kepada masyarakat yang menggunakan aplikasi Pintar dalam layanan penukaran uang Rupiah.

Selain itu terdapat edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah (CBP) tematik Ramadan kepada masyarakat untuk mendorong belanja bijak menggunakan Rupiah. Kegiatan Serambi di Banten secara resmi akan diluncurkan pagi ini tanggal 19 Maret 2024 oleh Pj Gubernur Banten.

Ameriza mengatakan, pihaknya senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas program Serambi setiap tahunnya. Pada tahun ini penguatan program diantaranya penambahan jumlah paket penukaran dari Rp3,8 juta menjadi maksimal Rp4 juta, modernisasi armada kas keliling, dan penambahan fitur pada digitalisasi penukaran melalui QR code pada aplikasi Pintar untuk semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan penukaran.

Jadwal layanan kas Banten dilakukan di delapan kabupaten/kota. Hari ini di Alun-alun Kota Serang. Pada 20 Maret di Pasar Panimbang, Kabupaten Pandeglang dan Alun-alun Kota Cilegon. Pada 21 Maret di Pasar Cibaliung, Kabupaten Pandeglang. Pada 26 Maret di halaman Bank BTN Tangerang City, Kota Tangerang.

Selanjutnya, 1 April di Alun-alun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak dan 2 April di Alun-alun Kota Cilegon serta Alun-alun Pandeglang. Pada 3 April, kas layanan bakal berada di halaman Masjid KP3B. Kemudian, 4 April di Rest Area KM 43 Tol Tangerang-Merak dan Pelabuhan Merak. Terakhir, pada 5 April di Alun-alun Kota Serang.

Sementara itu, Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengapresiasi inisiatif dan berterima kasih kepada BI dan perbankan dalam memberikan layanan penukaran uang kepada masyarakat.

Pada momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, masyarakat sangat membutuhkan uang dalam kondisi layak edar untuk dibagikan saat lebaran. Ia pun mengimbau kepada seluruh warga Banten agar menukarkan uang di tempat resmi yang ditunjuk oleh BI agar masyarakat bisa menukarkan uang yang dimilikinya dengan aman dan nyaman dan terhindar dari peredaran uang palsu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: