Untuk Perluasan Pasar, Mapolsek Baros Bakal Digusur, Dipindah Dekat Kantor Camat

Untuk Perluasan Pasar, Mapolsek Baros Bakal Digusur, Dipindah Dekat Kantor Camat

Mapolsek Baros di Jln Raya Serang - Pandeglang bakal digusur untuk perluasan Pasar Baros.-Foto Haidaroh-

 

BAROS, INFORADAR.ID --- Markas Polsek (Mapolsek) Baros yang terletak di Jalan Raya Serang-Pandeglang, tepat di samping Pasar Baros, Kabupaten Serang bakal digusur dalam waktu dekat. 

Penggusuran dilakukan, karena lahan Mapolsek merupakan aset Pemkab Serang. Lahan tersebut nantinya dipergunakan untuk perluasan Pasar Baros.

Sementara Mapolsek Baros, rencananya akan dibangun di atas lahan fasos fasum, yang diperkirakan lokasinya tak jauh dari Kantor Kecamatan Baros.

Begitu juga anggaran pembangunan Mapolsek Baros sudah masuk dalam Detail Engineering Design (DED) di Dinas PRKP. 

Sementara nanti menunggu pembangunan Mapolsek Baros yang baru, Pemkab Serang bakal memfasilitasi rumah atau bangunan untuk Mapolsek. 

Diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoumperindag) bakal menggusur bangunan Kantor Polsek Baros.

Penggusuran ini dilakukan lantaran bangunan Kantor Polsek Baros berdiri di atas lahan Pemerintah Daerah (Pemda). Lahan tersebut bakal dijadikan areal parkir Pasar Baros yang baru.

Kepala Diskoumperindag Kabupaten Serang Adang Rahmat mengatakan, pihaknya bakal mengirimkan surat kepada Kapolres Serang terkait rencana penggusuran lahan kantor Polsek.

"Karena lahannya kan lahan milik Pemda, nanti mau digunakan sebagai areal parkir," kata Adang saat survey pengukuran ulang lahan di Polsek Baros, Selasa, 7 Februari 2023.

Dijelaskan Adang, pengukuran lahan dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kabupaten Serang.

"Nanti kami akan fasilitasi penyewaan rumah untuk kantor Polsek di lokasi yang tak jauh dari Kantor Kecamatan Baros," jelasnya.

Adang menambahkan, pembongkaran bangunan Polsek Baros ini dilakukan karena dampak dari adanya pelebaran jalan Serang-Pandeglang yang membuat lahan parkir Pasar Baros berkurang.

"Karena untuk lahan parkir pasarnya kurang, jadi kami bakal menempatkan parkir di lahan Polsek," akunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: